Hai Sobat ICampus! Gak ada mereka yang hidup tanpa didampingi masalah dalam hari-hari mereka. Masalah adalah guru terbaik yang bisa memberikan kita banyak hal, mulai dari pelajaran, pengalaman, rasa suka duka yang mengena di hati. Oleh karena itu sebaiknya sedini mungkin kamu mempersiapkan mental agar tak menjadi lemah saat permasalahan silih berganti berdatangan. Kalau sudah kuat secara mental maka permasalahan akan lebih mudah untuk diselesaikan.

Baca Juga : 5 Sebab Pemuda Harus Berbuat Baik dan Melawan Kemalasan

Tapi kalau kamu merasa pusing dan tidak kunjung mendapat jalan keluar, coba simak beberapa tips di bawah ini deh. Barang kali bisa membantu kalian menyelesaikan masalah yang tak kunjung tersebut.

1. Landasi dengan pikiran yang tenang

Kunci dari jalan keluar dari sebuah permasalahan adalah pikiran yang tenang. Kamu gak bisa mencari jawaban jika emosi sedang memuncak. Ketika kamu rileks maka logika bisa mudah berjalan. Beri ruang untuk menyendiri demi menenangkan pikiran, dijamin solusi bisa berdatangan dengan sendirinya!

2. Sabar saat mengurai titik permasalahan

Terkadang kita salah sangka dan cepat mengkambing hitamkan suatu alasan karena tidak sabar menemukan titik permasalahan. Kesabaran ini memang sangat penting dalam menyelesaikan masalah rumit. Karena kalau kamu tidak berhati-hati dan maunya buru-buru menyelesaikan maka masalah lain bisa muncul akibat prasangka yang tidak tepat.

3. Melupakan rasa dendam atau benci yang tersimpan

Walaupun susah untuk diterapkan tapi melupakan rasa dendam dan benci yang tersimpan dalam hati kalian efektif meringankan masalah lho. Kamu akan lebih mudah berpikiran positif karena rasa benci dan dendam itu adalah penyebab dari buntunya masalah yang terjadi.

Ibarat beban yang menumpuk di pundak, masalah mengandung setengah dari beratnya masalah yang ada. Memaafkan merupakan sebagian proses dari mencari jalan keluar. Sehingga saat itu semua kamu lupakan maka permasalahan bisa perlahan terselesaikan.

4. Jangan mudah terhasut tindakan yang berisiko

Karena terlalu lelah dan stress menghadapi kondisi yang kian menyiksa gak sedikit orang nekat melakukan tindakan yang gegabah. Mulai dari menyakiti diri sendiri, orang lain, meluapkan emosi dalam minuman keras atau obat-obatan hingga merenggut nyawanya sendiri.

Perilaku seperti di atas sama sekali tidak bisa membuat permasalahanmu selesai. Percaya deh jika itu semua justru bisa membawamu ke dalam kehancuran yang lebih parah. Saat masalah menjerat seperti ini tingkatkan keimanan kalian dengan rajin beribadah  dan mendekatkan diri dengan orang-orang yang positif.

Baca Juga : 7 Cara Menghadapi Teman yang Apatis Saat Kerja Kelompok

5. Meminta pertolongan dari Tuhan

Cara terakhir yang gak boleh ketinggalan dari proses ini ialah dengan berdoa meminta pertolongan kepada Tuhan. Bagaimanapun semua cobaan berasal dari-Nya dan kamu hanya bisa meminta bantuan dari-Nya pula. Jangan pernah lelah saat doamu tidak dikabulkan, karena saat itu Tuhan sedang menyiapkan sesuatu yang lebih dari apa yang kamu harapkan.

Banyak cara yang bisa kamu lakukan saat terhimpit kondisi sempit seperti ini. Meskipun kondisi ini sulit tapi pastikan kamu tidak berpikiran sempit dan tetap semangat untuk bangkit ya!

 

 

 

 

 

Sumber : Idntimes.com

Komentar