Hai Sobat Info Beasiswa! Siapa yang pernah merasa hidupnya tak tenang atau hanya begini-begini saja? Fase tersebut mungkin pernah kita alami karena berbagai faktor yang jadi penyebabnya. Namun, jangan patah semangat! Kamu masih bisa membuat hidupmu jauh lebih baik dan bahagia. 

Caranya mungkin sangat sepele atau bahkan sering kamu lupakan. Langsung simak yuk delapan tips berikut ini agar kualitas hidupmu jauh lebih baik!

1. Tidur yang cukup

Waktu istirahat bagi tubuh sangatlah penting, setelah lelah seharian bekerja kamu harus mengistirahatkannya agar tidak terlalu lelah. Setidaknya, kamu harus tidur 8-9 jam per harinya. Terkadang, rasa lelah yang ada menjadi penyebab kamu tak fokus menjalani pekerjaan dan malah menyebabkan berbagai macam penyakit fisik. 

Tidur yang cukup dan jangan begadang, dijamin keesokan harinya kamu akan merasa badan lebih bugar. 

2. Mensyukuri segala hal baik yang terjadi, sekecil apa pun itu

Salah satu hal penting yang sering terlupakan, yaitu bersyukur. Bersyukur karena bisa bernafas dan menikmati keindahan semesta dengan orang-orang tercinta di hidupmu. Karena dengan mulai mensyukuri hal kecil tersebut, kamu akan jauh lebih menikmati hidup dan tentunya merasa lebih bahagia. Gak percaya? Coba deh praktikkan! 

Baca Juga : Yuk, Terapkan 5 Cara Ini Agar Betah Berada di Tempat Kerja yang Baru!

3. Jadilah pemaaf, terutama untuk dirimu sendiri

Dalam hidup, kita pasti pernah merasakan kecewa dan mengecewakan orang lain, bahkan diri sendiri. Peristiwa tersebut wajar terjadi karena memang tak ada manusia yang benar-benar sempurna. Namun yang terpenting, untuk bisa mengobati rasa sakit akibat kecewa kamu harus bisa memaafkan orang lain yang telah membuatmu bersedih. 

Buang jauh-jauh perasaan kecewa itu dan maafkan. Cobalah belajar untuk memaafkan kesalahan orang lain, dan tentu saja juga memaafkan kesalahan diri sendiri.

4. Berani untuk berkata “tidak” untuk sesuatu yang membuat kamu tidak nyaman

Hidup ini singkat, jadi gunakanlah dengan sebaik-baiknya. Mungkin beberapa dari kita merasa tidak enak hati saat menolak permintaan atau tawaran dari orang lain. 

Namun, mau tidak mau jika tawaran dari oranglain atau teman membuat kamu merasa tak nyaman, sebaiknya mulai sekarang kamu harus berani menolaknya. 

Baca Juga : Tetap Semangat! 5 Hal Ini Bisa Mengisi Waktu Gap Year Kamu

5. Mencoba untuk melakukan apa-apa sendiri

Bukannya tak butuh bantuan dari orang lain, namun kita juga harus melatih kemampuan diri kita untuk melakukan berbagai pekerjaan dan menyelesaikan masalah dalam hidup. 

Karena, jika suatu saat nanti kamu mendapatkan masalah dan tak memungkinkan orang lain datang untuk bisa membantumu, kamu bisa mengatasi itu semua. 

6. Cintai dirimu sendiri

Tidak ada yang bisa diandalkan di dunia ini selain Tuhan dan dirimu sendiri. Jika kamu tak mencintai atau bahkan pernah membenci dirimu sendiri, sebaiknya mulai sekarang hilangkan rasa itu. 

Dirimu adalah raga yang selalu ada dan selalu berjuang untuk mencapai segala mimpi-mimpimu, jika kamu membencinya, apakah kamu bisa tenang menjalani hidup?

7. Luangkan waktu untuk berolahraga

Salah satu bukti jika kamu mencintai diri sendiri adalah kamu menjaga dengan baik kesehatan mental dan fisikmu, salah satunya dengan olahraga. Cukup lakukan olahraga 30 menit selama 3-5 kali seminggu pasti badanmu akan terasa lebih fit. 

Olahraga juga menjadi salah satu investasi penting di masa tua agar tak mudah terserang penyakit. Selain itu, perbanyak konsumsi sayur dan buah juga kurangi konsumsi junkfood.

8. Kurangi waktu bermain media sosial

Di media sosial, kita melihat banyak potret kebahagiaan dan kelebihan dari diri orang lain. Tanpa kamu sadari, ada rasa iri yang muncul di benakmu saat melihatnya, akhirnya kamu malah membandingkan hidupmu dengan mereka.

Cobalah untuk mengurangi waktu bermain media sosial dan lebih bijak menggunakannya. Alihkan waktumu untuk hal yang lebih bermanfaat seperti membaca buku atau melatih keterampilan.

Bagaimana? Tidak susah dan sangat sederhana, bukan? Mulai sekarang harus perbanyak berpikir dan melakukan hal positif agar kebaikan juga datang kepadamu!

Sumber : Idntimes.com

Komentar