Hai Sobat Info Beasiswa! Terkadang percaya dengan kemampuan diri sendiri itu ada benarnya. Kamu nggak perlu mengandalkan orang lain untuk bergerak maju, karena kamulah yang punya kendali untuk semuanya. Sama halnya dalam memulai bisnis, sebelum kamu bertanya pada orang lain, ada baiknya kamu yakinkan dirimu sendiri dengan enam hal berikut.

Oh ya, enam manifesto ini benar-benar ada lho di Taobao Maker Festival 2020 kemarin. Intip di bawah ini, bisa disontek untuk dijadikan pedoman hidupmu!

1. If not now, when? If not me, who?

Manifesto yang pertama ini memotivasi kamu untuk percaya pada diri sendiri dan nggak menunda-nunda sesuatu hanya karena merasa ragu. Kesempatan seringkali nggak datang dua kali, lho. Maka dari itu, penting untuk bertanggung jawab dan punya ambisi untuk mewujudkan impian masing-masing. Siapa tahu impianmu juga bisa berkontribusi dan bermanfaat bagi banyak orang.

Kamu cukup percaya pada diri sendiri kok, itu kuncinya. Bahkan, kamu tahu enggak sih, Manifesto ini sebenarnya merupakan salah satu dari pilar nilai di perusahaan Alibaba, lho.

2. Make everything happen

Penting nih, untuk punya cita-cita yang tinggi dan optimisme untuk mencapainya, terutama untuk generasi muda. Nah, manifesto ini mendorong setiap orang untuk gak bergantung pada takdir. Kamu harus mulai bergerak sekarang, mengambil langkah proaktif, dan tentukan jalan nasibmu sendiri.

Yuk, berjuang ambil kesempatan sekarang juga. Kamu nggak bergantung pada orang lain tapi pada diri sendiri. Ngapain mengekor kesuksesan orang lain, kalau kamu bisa sukses duluan?

Baca Juga : 5 Hal yang Harus Kamu Persiapkan Sebelum Memilih Jurusan Sastra

3. Think out of the box

Sebagai generasi muda, kamu harus berani melakukan percobaan baru dan bereksperimen. Jangan ragu untuk mencoba berbagai hal sebagai cara untuk menambah pengalaman kamu.

4. Stay hungry

Penting nih untuk punya manifesto ini dalam hidupmu. Dengan selalu merasa stay hungry, kamu bakal terus menantang diri sendiri untuk jadi versi yang lebih baik dari sebelumnya. Makanya itu, jangan cepat merasa puas dengan pencapaian kamu selama ini. 

Selalu cari tantangan baru dan eksplor kemampuan diri sendiri supaya skill-mu makin tajam. Jangan sampai kalah berjuang hanya karena kamu malas-malasan gara-gara merasa udah puas duluan.

Baca Juga : Merantau? 6 Tips Jaga Kesehatan bagi Mahasiswa yang Jauh dari Rumah

5. Dreams don’t work until you do

Kamu percaya nggak sih setiap manusia itu selalu punya ide kreatif, termasuk kamu. Sayangnya, hanya sedikit dari mereka yang coba merealisasikannya menjadi kenyataan. Nah, manifesto satu ini menekankan pentingnya untuk eksekusi nyata. Pasalnya, sia-sia aja kalau idemu Brilian, tapi kamu nggak punya nyali untuk mewujudkannya.

Contoh nyata dari Manifesto ini adalah salah satu merchant TMF 2020 yang punya hobi nonton film Iron Man, dia punya mimpi bisa terbang pakai mesin dan teknologi suatu saat nanti. Long short story, ia bereksperimen hingga berhasil menciptakan Iron Man suit yang dipamerkan pada TMF 2020. Gila, keren gak tuh? Yakin, kamu cuma mau nganggurin ide yang ada di kepala? Nggak sayang kalau idemu keburu diwujudkan oleh orang lain?

6. Ignore all the rules including all above

Keberanian adalah kunci untuk menghasilkan terobosan baru. Berpikirlah tanpa batas, bebas dan nggak perlu takut akan aturan. Hal ini nih yang sebenarnya bikin kamu punya kreativitas dan orisinalitas. Tanpa terkekang dengan aturan, ‘guyuran’ ide akan mudah masuk ke kepalamu. Gimana, kamu berani nggak untuk mengaplikasikannya sekarang?

Pada dasarnya, semua orang itu bisa berbisnis kok, termasuk kamu. Modalnya adalah percaya diri dan aplikasikan enam hal di atas, ya. Yuk, segera mulai bisnismu. Salam sukses!

Sumber : Idntimes.com

Komentar