Hai Sobat Info Beasiswa! Mengenyam pendidikan merupakan hal semua orang, tanpa terkecuali. Banyak orang yang mengutamakan pendidikan dibanding karier. Hal tersebut terlihat dari antusias masyarakat untuk melanjutkan pendidikan selepas Sarjana.

Seperti yang kita tahu, Indonesia memiliki banyak universitas terbaik dengan segala fasilitasnya yang memadai. Namun, tak jarang mahasiswa ingin merasakan sensasi sekolah S2 di luar negeri.

Bahkan, ada beberapa negara yang selalu jadi jujugan mahasiswa Indonesia untuk S2, lho. Simak ulasan selengkapnya berikut ini, ada pula informasi mengenai beasiswa yang bisa kamu gunakan!

1. Amerika Serikat  

Negeri Paman Sam ini masih jadi negara favorit masyarakat Indonesia untuk melanjutkan studinya. Bukan tanpa alasan, ada banyak universitas ternama yang siap menanti. Sebut saja ada Stanford University, Harvard University, Columbia University, hingga Yale University.

Lingkungan belajar yang ditawarkan pun sangat dinamis dan memadai. Namun, tantangan terberat untuk kuliah di Amerika Serikat adalah tes tambahan, seperti SAT, GRE, atau GMAT yang diwajibkan di seluruh kampus.

Beragam beasiswa bisa kamu gunakan, tapi tentu dengan berbagai tahapan seleksi yang ketat. Ada Fullbright dan LPDP yang keduanya bisa digunakan untuk S2 dan S3.

2. Inggris  

Begitu pula dengan Inggris, banyak mahasiswa Indonesia yang jatuh cinta dengan negara kerajaan ini. Kampus ternama di dunia bisa kamu temukan di sini, bahkan pilihan jurusannya pun beragam, lho. Ada University of Oxford, King’s College London, hingga University of Birmingham.

Suasana Inggris yang selalu sendu dan berawan bakal jadi pengalaman tersendiri. Biar lebih menyenangkan, kamu bisa menggunakan beasiswa, lho. Ada Chevening untuk S2, Jardine untuk S1 hingga S3, dan LPDP khusus S2 dan S3.

Baca Juga : 5 Hal yang Harus Kamu Persiapkan Sebelum Memilih Jurusan Sastra

3. Jepang 

Kalau di kawasan Asia, Jepang selalu jadi jujugan mahasiswa Indonesia untuk mengeyam pendidikan. Negara ini dikenal sangat maju dalam dunia pendidikan, terutama di bidang sains dan teknologi. Cocok banget buat kamu yang mendalami kedua bidang tersebut.

Tokyo Institute of Technology, University of Tokyo, Kyoto University, dan Nagoya University jadi beberapa universitas ternama di Jepang. Namun, bukan berarti jurusan sosial dan desain di Jepang tak boleh kamu pilih, lho.

Kalau pengin mendapatkan beasiswa, kamu bisa mencoba MEXT untuk S1 hingga S3, Mitusi Busan untuk S1, Ajiomoto khusus S2, dan INPEX untuk S2. Budaya di sini juga bakal mengubah pandanganmu, lho.

4. Australia  

Pengin yang dekat, tapi kualitas pendidikannya terjamin? Pilih saja Australia. Negara benua ini juga selalu jadi pilihan utama mahasiswa Indonesia melanjutkan studinya. Beberapa kampusnya pun sudah masuk dalam jajaran terbaik di dunia, lho.

Mulai dari Monash University, Australian National University, University of Sydney, University of New South Wales, dan masih ada banyak lagi. Beasiswa yang bisa kamu gunakan adalah Australia Award Scholarship khusus S2 dan LPDP untuk S2 dan S3.

Baca Juga : Merantau? 6 Tips Jaga Kesehatan bagi Mahasiswa yang Jauh dari Rumah

5. Singapura  

Singapura juga gak pernah absen untuk menerima mahasiswa asal Indonesia. Meski terkesan sangat dekat, negara ini memiliki sistem pendidikan yang sangat baik, lho. Beberapa universitasnya pun sudah diakui dunia, seperti National University of Singapore dan Singapore Management University.

Selain pendidikannya yang bagus, Singapura juga unggul dalam perekonomiannya. Sehingga sangat mendukung dalam hal mencari pekerjaan dan berwirausaha setelah lulus nantinya. Beasiswa pun bisa kamu gunakan, seperti Tuition Grant Ministry of Education dan SINGA.

Itulah beberapa negera tujuan favorit mahasiswa Indonesia melanjutkan pendidikannya. Terdapat pula beasiswa yang bisa kamu gunakan jika memang tertarik mengenyam pendidikan di salah satu negara di atas. Semoga bermanfaat, ya!

Sumber : Idntimes.com

Komentar