Hai Sobat Info Beasiswa! Ketika kamu bermimpi menjadi seorang pemimpin, maka kamu memerlukan skill mendasar dan fokus terhadap pertumbuhan perusahaan atau pun diri kamu sendiri.

Salah satu dari pemimpin tersebut adalah Bill Gates, seorang miliuner dan pendiri Microsoft ini menyisihkan waktunya untuk bertumbuh dan terus berkembang melalui 5 hal yang dilakukannya saat membaca buku. Yuk, lihat!

1. Buat catatan

Membuat sebuah catatan di dalam sebuah margin adalah satu cara mudah dan efektif yang dapat kamu lakukan. Selain itu, dengan menulis secara acak di sebuah kertas dapat membantu kamu dalam menghapal dan mengingat apa yang telah kamu baca.

Dalam learning theory, cara ini disebut dengan elaborative rehearsal, dimana kamu dapat menghubungkan teori baru yang terdapat di dalam buku dan teori yang telah kamu ketahui.

2. Selesaikan semua buku yang telah kamu mulai baca

Salah satu aturan yang dimiliki Bill Gates adalah untuk menentukan buku yang akan kamu baca dan mempertimbangkan apakah buku tersebut sepadan dengan waktu kamu.

Dengan memegang aturan ini, bukan berarti kamu harus memaksakan diri dengan membaca “bad book“. Sebaliknya, kamu perlu memilih dengan cermat buku yang akan kamu baca dan berkomitmen untuk menyelesaikannya!

Baca Juga : Ini 5 Mindset yang Menghambat Kamu untuk Berkembang, Hindari ya!

3. Membaca buku dengan minimal jangka waktu selama 1 jam

Untuk membuat pikiran kamu fokus terhadap buku yang kamu baca, kamu perlu meluangkan waktu kamu minimal 1 jam untuk membaca buku. Ketika kamu meluangkan waktu, kamu akan melihat dampak terhadap diri kamu sendiri atau pun orang lain.

4. Memilih antara print atau digital yang membuat kamu nyaman

Kamu perlu menemukan bentuk dari buku yang sesuai dengan kamu dan membuat kamu nyaman. Hal ini dikarenakan apabila kamu menemukan bentuk dari buku yang kamu sukai, kamu akan melakukan dan membaca buku lebih sering.

Baca Juga : Yakinkan 6 Hal Ini di Dirimu Saat Berbisnis, Harus Jujur Biar Sukses!

5. Fokus pada buku yang kamu baca

Bill Gates mempunyai keyakinan yang kuat terhadap refleksi yang dilakukan oleh diri sendiri. Oleh karena itu, ketika kamu memulai untuk membaca buku, kamu perlu fokus dan berkonsentrasi terhadap buku yang kamu baca. Dengan begitu, kamu akan mendapatkan banyak pengetahuan dan mengetahui makna dari buku tersebut.

Lakukan 5 tips di atas untuk mengubah kebiasaan membaca kamu dari pasif menjadi aktif. Hal ini dapat menguatkan otot mental kamu dan kemampuan kamu untuk belajar dan berpikir.

Sumber : Idntimes.com

Komentar