Mommies zaman now sepertinya sudah gak asing lagi dengan yang namanya Metode Montessori. Metode Montessori adalah metode pendidikan anak usia dini. Metode ini ditemukan oleh Maria Montessori, seorang dokter dan pendidik asal Italia. Metode ini menekankan pada lima area, yaitu keterampilan hidup (practical life), bahasa, matematika, budaya, dan sensori. Seiring menjamurnya postingan Instagram para ibu muda tentang kegiatan Montessori di rumah, produk berbau Montessori pun laris di pasaran. Mulai dari buku, kuliah online melalui aplikasi Whatsapp, sampai kursus montessori, baik online maupun offline. Kursus Montessori yang berlisensi dikenal dengan program Diploma Montessori. Lulusan kursus ini akan mendapat sertifikat, gelar Montessori Diploma, serta berkesempatan menjadi pengajar. Intip yuk 5 tempat penyelenggara program Diploma Montessori yang ada di Indonesia!

1. Sunshine Teacher’s Training

Ini tempat yang banyak direkomendasikan untuk belajar Diploma Montessori. Sunshine Teacher’s Training berlokasi di Cempaka Putih dan Bintaro. Untuk kepentingan dan perkembangan pendidikan di Indonesia, mulai tahun 2014 Sunshine menyelenggarakan pendidikan Montessori dalam Bahasa Indonesia lho. Pusat pelatihan Sunshine sudah diakui dan disetujui oleh Departemen Pendidikan di Indonesia. Selain offline, Sunshine juga menyediakan program Diploma online buat kamu yang belum berkesempatan belajar langsung secara tatap muka.

2. Modern Montessori International Indonesia (MMI Indonesia)

Asal muasal company ini adalah dari London. MMI membuka cabang yang berkantor pusat di Singapura. Program Diploma Montessori yang diadakan di Singapura juga banyak diikuti oleh warga Indonesia. Dengan alasan banyaknya jumlah partisipan diploma yang berasal dari Indonesia yang terbang ke Singapura untuk mengikuti diploma ini, MMI Group memutuskan untuk membuka cabangnya di Indonesia. MMI Indonesia berlokasi di Epicentrum Walk, Kuningan, Jakarta Selatan.

3. Cosmic Montessori Institute

 Cosmic Montessori Institute berlokasi di Menteng, Jakarta Pusat. Didirikan oleh kelompok praktisi Montessori yang sangat berkualitas dan berpengalaman di Jakarta, Cosmic Montessori Intitute mempunyai visi melestarikan tradisi Montessori kepada siapa pun yang ingin mengetahui, memahami, dan menjalankan filosofi Montessori.

4. Montessori Haus Asia

Montessori Haus Asia pertama kali didirikan di Singapura oleh Allan Ang. Allan ingin membuat dan mengadvokasi lingkungan belajar yang akrab dengan metode Montessori. Montessori Haus Asia kini hadir di Indonesia berlokasi di Tangerang dan Kuningan, Jakarta Selatan.

5. Asian Montessori Institute (AMI)

Asian Montessori Institute (AMI) Training merupakan program dari Bright School, sekolah yang menerapkan metode Montessori. Bright School berlokasi di Ciganjur, Jakarta Selatan. AMI Training adalah sebuah kursus yang diperuntukkan bagi yang mau menjadi guru Montessori. AMI Training ini diakui oleh Diknas lho. Nah, kamu tertarik ikut kelas diploma yang mana nih?
      Sumber : Idntimes.com

Komentar