Hai Sobat ICampus! Menjadi dewasa memiliki tantangan yang lebih nyata dan tanggung jawab yang semakin kompleks. Oleh karena itu, perlu juga pendewasaan diri agar mampu menghadapi realita yang kadang tak seindah ekspektasi. 5 prinsip hidup ini akan membimbingmu untuk tumbuh menjadi dewasa, jadi wajib diterapkan ya.

1. Hadapi tantangan yang menyerbu

Tantangan semakin beragam begitu kita semakin dewasa. Sebenarnya sebelum dewasa pun kita juga memiliki tantangan sesuai dengan tingkatan usia. Namun mengapa ketika dewasa seakan tantangan menjadi terasa lebih berat? Mungkin pola pikir kita yang harus diubah, sejak kecil kita berani menghadapi apa pun tanpa takut risiko. Seharusnya prinsip itu dapat digunakan selamanya, yakni ketika sedang dirundung begitu banyak tantangan, hadapi saja. Baca Juga : Lakukan 5 Hal Ini Agar Kamu Gak Termasuk Pekerja yang Korupsi Waktu

2. Masalah untuk dihadapi bukan dihindari

Masalah juga terus ada sejak kita terlahir di dunia. Bedanya semakin beranjak dewasa kita semakin bertanggung jawab untuk menyelesaikan masalah dengan segala kemampuan yang ada. Dari yang awalnya merasa dituntut karena menyadari ketika menghindarinya masalah tidak akan selesai begitu saja. Kita akan belajar bagaimana fokus terhadap solusi dari setiap masalah yang menimpa.

3. Kembangkan empati dan relasi

Semakin dewasa kita menjadi memahami berbagai aspek kehidupan. Oleh karena itu, mengembangkan empati terhadap orang sekitar adalah langkah yang perlu dilakukan. Hal ini akan menumbuhkan jalinan relasi yang kuat. Perlu dipahami juga, karena hidup bukan tentang diri sendiri namun saling membutuhkan satu sama lain untuk menebar kebaikan. Baca Juga : 7 Cara Praktis Supaya Kamu Gak Salah Jurusan Kuliah, Yuk Terapkan! 

4. Jangan batasi diri untuk berkembang

Jika sewaktu kecil kita memiliki mimpi yang tinggi, seharusnya ketika dewasa saatnya mewujudkan mimpi tersebut. Namun saat ini masih banyak orang mengubur mimpi karena banyak hal terjadi yang menurunkan ambisinya untuk mengejar mimpinya. Padahal seharusnya semakin dewasa, janganlah membatasi diri untuk berkembang. Namun inilah saat yang tepat untuk merealisasikannya. Di samping menjalani peran sebagai dewasa, mimpi yang dulu pernah ada, wajib untuk dibenahi dan diwujudkan.

5. Kembangkan positive vibes di mana pun berada

Semakin dewasa kita akan mengetahui lingkungan yang mampu menularkan energi, pemikiran dan perilaku yang positif. Kita juga sudah sudah mampu memilah dan memutuskan untuk menghindari lingkungan toxic yang memperburuk pemikiran dan gaya hidup kita ke depannya. Menjadi dewasa adalah proses dan tidak mudah. Jalanilah proses itu dengan prinsip hidup di atas, ya.     Sumber : Idntimes.com

Komentar