Hai Sobat ICampus! Anak rantau adalah mereka yang tinggal jauh dari orang tua, keluarga, dan menetap sementara di suatu daerah. Ada banyak faktor yang membuat seseorang pergi merantau ke luar dari tanah kelahirannya, di antaranya karena melanjutkan pendidikan, bekerja, atau ingin mengubah nasib agar lebih baik. Pergi merantau membuat seseorang mendapatkan banyak pelajaran hidup. Mereka yang tadinya datang bermodalkan niat dan nekat, akhirnya mendapatkan banyak pengalaman hidup karena berjuang di tanah perantauan. Kisah mereka yang sukses karena merantau pun dituangkan lewat buku, salah satunya karya Ahmad Fuadi yang terkenal dengan novel larisnya berjudul Negeri 5 Menara. Ada salah satu kutipan menarik dari buku karya Ahmad Fuadi yang bagus untuk menjadi inspirasi bagi siapapun yang ingin merantau. Di bukunya berjudul Rantau 1 Muara, ia mengutip kalimat Imam Syafii yakni:
Merantaulah, kau akan mendapat pengganti kerabat dan teman. Berlelah-lelahlah, manisnya hidup terasa setelah lelah berjuang.
Jadi, jangan takut untuk merantau sebab ada banyak hikmah yang akan kamu temukan ketika datang ke suatu tempat baru yang sebelumnya belum pernah kamu kunjungi. Berikut ini 5 hikmah yang bisa kamu peroleh ketika menjadi anak rantau. Yuk disimak. Baca Juga : Gak Usah Bingung, Ini 5 Spot Nyaman Cari Inspirasi Menulis di Kampus

1. Kamu menjadi mandiri dan berusaha mengembangkan potensi dirimu untuk bertahan hidup

Merantau membuatmu keluar dari zona nyaman. Kamu pun dituntut untuk menjadi mandiri dan bertahan melanjutkan kehidupan di kota orang. Meski awalnya berat, dengan merantau, kamu belajar untuk menghargai proses hidupmu. Memang benar ada banyak tantangan ketika tiba di tanah rantau, namun percayalah ketika kamu berusaha maksimal untuk bertahan dan terus belajar mandiri, perlahan-lahan kamu pun bisa melewati segala dinamika hidup di kota orang.

2. Punya banyak relasi dan terhubung dengan orang-orang yang sebelumnya mustahil untuk kamu temui

Pergi merantau membuka banyak peluang bagi setiap orang untuk bertemu orang baru. Kalau sudah begini, kamu pun dapat memiliki banyak relasi. Apalagi jika kamu bekerja di perusahaan bonafide, maka tidak menutup kemungkinan kamu akan menemukan banyak relasi kerja yang sebelumnya mustahil untuk kamu temui, seperti pejabat pemerintahan atau bos-bos besar perusahaan raksasa. Misalnya seseorang yang merantau ke Jakarta, maka akan terbuka peluang untuk bisa bertemu orang-orang baru di sana termasuk para pejabat yang sebelumnya hanya bisa dilihat lewat layar kaca saja. Relasi sangat penting untuk mendukung pekerjaan atau aktivitas yang kamu kerjakan di tanah rantau.

3. Pengalamanmu terus bertambah

Pengalaman menjadi oleh-oleh berharga yang dimiliki anak rantau. Selama seseorang merantau, ia akan kaya pengalaman dan membuat ia mudah untuk beradaptasi terhadap lingkungan baru. Kaya pengalaman menjadi modal penting untuk mengembangkan potensi dirimu. Jika kamu sudah berpengalaman bertahun-tahun menjadi seorang copy writer, maka kamu bisa menjadi seseorang yang ahli di bidang tersebut. Tidak semua orang bisa ahli di suatu bidang. Berbahagialah jika kamu bisa menguasai suatu bidang dan berkomitmen untuk mengembangkan bidang tersebut sebagai bagian dari pengembangan dirimu.

4. Kamu punya kesempatan terjun di bidang baru yang belum pernah kamu geluti

Merantau membuatmu punya kesempatan untuk mengenal dan terjun langsung ke bidang baru yang sebelumnya belum pernah terlintas di benakmu. Misalnya seseorang dengan latar belakang pendidikan kimia pergi merantau ke Jakarta, tidak mustahil jika dia mendapatkan pekerjaan di luar dari bidang yang ia geluti sebelumnya, bisa saja ia memperoleh pekerjaan di bidang ekonomi atau bidang lainnya. Meski pada awalnya membingungkan, namun jika dipahami dan pelajari, seseorang bisa saja menjadi paham suatu bidang yang sebelumnya bukan menjadi ranahnya. Pergerakan zaman seolah membuat manusia menjadi multitasking dan bisa menjadi apapun meski sebelumnya tidak punya pengalaman di bidang tersebut. Makanya gak heran kita kerap menjumpai seseorang yang memiliki latar pendidikan di bidang tekniksi namun mahir membuat video grafik atau animasi. Semuanya bisa kita geluti asalkan ada kemauan dan niat untuk tekun di bidang tersebut. Baca Juga : Tanpa Disadari, 6 Hal Ini Paling Membuat Waktumu Jadi Tidak Produktif

5. Menjadi dewasa dalam berpikir dan gak menyerah mencari jalan keluar jika diterpa masalah

Gak bisa dipungkiri, merantau memberi pengaruh terhadap pola pikir seseorang. Merantau mengajarkanmu untuk dewasa dalam berpikir dan tenang dalam menghadapi masalah. Seseorang yang merantau mau tak mau harus mengandalkan diri sendiri untuk bisa bertahan di suatu daerah, pengalaman di luar zona nyaman itu lah yang membuat seseorang mempunyai mental kuat untuk bertahan hidup. Makanya gak heran mereka yang pergi merantau pantang menyerah dalam menghadapi masalah yang dihadapinya. Gak mudah memang bertahan di kondisi serba sulit dan bukan zona nyaman, tapi bukan mustahil kan untuk bisa merealisasikannya asal kita gak berhenti ikhtiar dan memanjatkan doa. Demikianlah 5 hikmah menjadi anak rantau. Ingatlah, pergi merantau merupakan salah satu bentuk aktualisasi diri sebab kamu pergi ke luar dari zona nyaman dan jauh dari orang tua ke suatu daerah yang tak pernah dikunjungi.           Sumber : Idntimes.com

Komentar