Hai Sobat ICampus! Kesehatan merupakan kekayaan yang paling berharga bagi kita semua tanpa terkecuali. Tanpa kesehatan, berbagai kenikmatan yang kita miliki terkadang menjadi kurang berarti. Kesadaran ini tampaknya mulai disadari orang banyak sekarang ini dengan menerapkan gaya hidup sehat. Namun, hal lainnya yang gak kalah penting adalah menjaga kesehatan otak, yang menjadi pusat aktivitas seluruh tubuh kita. Salah satunya adalah dengan mengurangi kebiasaan aktivitas di bawah ini yang mampu mengurangi kesehatan otakmu. Apa saja? Yuk, simak! Baca Juga : 5 Alasan Kamu Harus Percaya Diri dalam Menghadapi Masalah

1. Tidak mendapatkan jam tidur yang cukup

Setelah aktivitas yang panjang dan melelahkan, otak dan tubuh kita perlu istirahat. Cara terbaik untuk melakukan ini adalah melalui tidur. Tidur yang berkualitas adalah 8 jam setiap harinya. Mendapatkan jam tidur yang cukup sangat penting bagi kita untuk mengumpulkan energi dan fokus agar bisa fit setiap harinya. Sebaliknya, kurang tidur secara terus menerus dapat menyebabkan kerusakan otak yang serius, di mana hal tersebut akan membunuh sel-sel otak sulit untuk fokus, kurang konsentrasi dan kesal adalah efek dari malam yang gelisah. Jangan kompromi dengan kesehatanmu dan mulai biasakan tidur yang baik segera.

2. Memaksakan diri bekerja saat sakit

Ketika kamu sakit, itu merupakan tanda jika tubuhmu membutuhkan istirahat. Memaksakan diri untuk tetap bekerja hanya akan memperparah kondisimu. Bahkan bisa mengurangi efektivitas dan merusak otakmu. Daripada memaksakan, ambil cuti sakit dan beri dirimu istirahat. Biarkan tubuhmu pulih untuk bisa fit kembali.

3. Melewatkan sarapan pagi

Apakah kamu sering melewatkan sarapan dengan langsung bergegas ke kantor? Nah, sekarang waktunya untuk mengubah rutinitas kamu! Sarapan adalah salah satu hal yang penting dalam memulai harimu yang sibuk. Melewatkan sarapan, dalam jangka panjang, dapat merusak otakmu. Ketika kamu melewatkan sarapan, kadar gula darah akan menurun. Ini sangat memengaruhi suplai nutrisi ke otak. Kurangnya energi, memori yang buruk, dan kesulitan dalam fokus adalah beberapa efek dari tidak mengisi perut setiap pagi. Mulailah pagimu dengan sarapan sehat.

4. Mengonsumsi gula berlebihan

Hampir setiap makanan saat ini mengandung gula, dan terlalu banyak mengonsumsi sesuatu dipastikan buruk bagi tubuh dan otak kita. Gula menyebabkan jerawat, kerusakan gigi, dan penambahan berat badan. Gula juga  merupakan penyebab utama diabetes. Selain itu, terlalu banyak konsumsi gula menghambat kemampuan tubuh untuk menyerap protein dan nutrisi. Efeknya – kekurangan gizi dan masalah dengan perkembangan otak. Sebisa mungkin kendalikan asupan gula. Saatnya menyingkirkan soda dan akan lebih baik minum air putih saja. Jika kamu penyuka cokelat, lebih baik konsumsi dark chocholate yang memiliki kadar gula rendah.

5. Merokok

Sudah bukan jadi rahasia jika rokok sangat berbahaya bagi kesehatan kita. Merokok dapat menyebabakan kanker paru-paru, serangan jantung, gangguan kehamilan dan berbagai penyakit berbahya lainnya. Tak hanya itu, merokok juga dapat menyebabkan penyusutan otak. Merokok dalam jangka waktu lama dapat mengencerkan korteks otak. Bagian tersebut memainkan peran utama dalam fungsi otak kita seperti bahasa, memori, dan persepsi. Selain itu, perokok memiliki risiko lebih tinggi terkena penyakit Alzheimer. Jika kamu tidak ingin berisiko dengan berbagai penyakit berbahaya tersebut, putuskanlah untuk segera berhenti merokok. Baca Juga : 10 Prinsip yang Dapat Mengantarkanmu pada Kebahagiaan Hidup, Apa Saja?

6. Kurang mengasah otak

Fungsi utama otak adalah untuk berpikir. Dan ketika kita tidak melakukannya, maka ukuran otak akan berkurang. Layaknya otot yang akan menguat dengan olahraga, maka otak juga harus rutin dilatih. Membaca, menulis, dan menyelesaikan teka-teki silang adalah beberapa aktivitas yang bisa kamu lakukan untuk melatih otak. Cara lain adalah dengan mengunduh dan memainkan game otak. Cobalah hal-hal yang baru, mengunjungi tempat yang baru dan makan di kafe yang baru. Hal-hal sederhana seperti itu pun mampu memberikan rangsangan bagi otak kita untuk tetap sehat.

7. Kurang bersosialisasi

Kita semua pasti masing-masing memiliki pertemanan sendiri, bahkan orang yang introvert pun masih memiliki satu atau dua teman dekat. Menyendiri bisa menyebabkan stres yang tidak baik bagi otak. Keluarlah dan bersosialisasi! Bicaralah dengan teman-temanmu dan bertemu orang baru. Libatkan dirimu dalam percakapan intelektual yang dapat meningkatkan kapasitas otak. Sebisa mungkin, pilihlah percakapan tatap muka alih-alih hanya berbicara melalui telepon atau media sosial. Hal ini mampu membantu mengembangkan otak kita lebih jauh. Itulah 7 hal sehari-hari yang tanpa kita sadari sebenarnya berbahaya bagi kesehatan otak kita. Segera kurangi melakukan hal-hal tersebut untuk mendapatkan tubuh dan otak yang lebih sehat. Gak mau kan kesehatan kita memburuk akibat kebiasaan buruk yang sebenarnya bisa kita hilangkan?         Sumber : Idntimes.com

Komentar