Hai Sobat ICampus! Pendidikan merupakan salah satu aspek penting yang harus dijalani oleh semua orang. Karena itu yang bakal menjamin cerahnya masa depan kelak. Di Indonesia sendiri, kita diwajibkan untuk menempuh pendidikan paling tidak selama 12 tahun, atau sampai lulus Sekolah Menengah Atas (SMA). Makanya, walau harus berpindah sekolah dikarenakan orangtua dipindah tugaskan ke kota lain, kamu gak boleh patah semangat, ya. Karena pada dasarnya, materi yang diberikan di sekolah satu dengan yang lainnya tak jauh berbeda, kok karena adanya kurikulum yang sudah dijadikan bahan acuan para guru dalam mengajar. Oleh karena itu, kamu gak perlu kawatir ketinggalan pelajaran ketika harus melanjutkan belajar di sekolah yang baru. Justru yang harus kamu perhatikan adalah, bagimana supaya bisa lekas betah di lingkungan tersebut. Jangan sampai, rasa gak nyaman pada akhirnya mengganggu konsentrasimu belajar. Nah, supaya kamu segera bisa beradaptasi dengan baik di sekolah baru, ada delapan trik nih yang bisa kamu coba. Langsung aja yuk simak poin-poinnya berikut ini.

1. Perkenalkan dirimu dengan baik di hari pertama

Tentu saja hal pertama yang wajib kamu lakukan di hari pertama masuk ke sekolah baru, adalah memperkenalkan diri. Biasanya wali kelas akan mempersilahkanmu berkenalan di depan kelas sebelum jam pelajaran pertama dimulai. Ini adalah momen yang penting, lho. Saat itu, kamu harus tegas dan percaya diri. Sebutkan namamu dengan jelas, dan jangan lupa akhiri perkenalan dengan senyuman. Menatap mata teman-teman sekelas dengan hangat akan mempertegas bahwa kamu adalah pribadi yang punya kepercayaan diri tinggi.

2. Mulailah berkenalan dan mengakrabkan diri dengan teman sekelas

Saat jam istirahat jangan berdiam diri saja sendirian. Mulailah mengakrabkan diri dengan teman-teman satu kelas. Ajak mereka berbincang dan tanyakan hal-hal ringan, semisal menu apa yang paling enak di kantin sekolah. Dengan menjalin hubungan baik dengan teman-teman satu kelas, niscaya hari-harimu di sekolah baru akan berjalan menyenangkan dan kamu pun bakal rajin datang ke sekolah.

3. Ingat dan patuhi peraturan yang ada

Di setiap sekolah pasti memiliki peraturan yang harus ditaati. Nah, sebagai warga baru kamu wajib mengetahui apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan di lingkungan sekolah. Jangan malas mencari tahu ya, karena walaupun bakal dimaklumi tapi jika kamu melanggar peraturan sekolah terus-menerus, itu bisa membangun image kurang baik pada dirimu, lho.

4. Coba bersosialisasi dengan teman-teman antar kelas juga

Selain mengakrabkan diri dengan teman satu kelas, gak ada salahnya juga kamu bersosialisasi dengan teman-teman dari kelas yang berbeda. Bisa dimulai dengan menebar senyum ketika berpapasan di koridor, atau membantu mereka saat dibutuhkan. Misalkan berbagi bangku di kantin. Tapi ingat, jangan terkesan berlebihan ya, nanti malah jatuhnya kamu dikira cari perhatian lagi.

5. Jangan malu bertanya saat kamu bingung soal pelajaran atau kebiasaan di sekolah tersebut

Menjadi siswa pindahan, tentu banyak hal yang mesti segera kamu sesuaikan. Alhasil, gak jarang kamu dibuat kebingungan dengan cara mengajar beberapa guru atau segala peraturan yang harus diingat sekaligus dipatuhi satu per satu. Makanya, jangan malu bertanya. Kamu bisa bertanya pada teman atau wali kelas. Percaya deh, mereka pasti akan membantumu dengan senang hati, dan menilai kamu sebagai seorang yang tekun dan menyenangkan.

6. Ikutlah beberapa ekstra kulikuler yang sesuai dengan bakat dan minatmu

Jangan sampai ya, kehidupan sekolahmu hanya terpaku pada rumah-sekolah, sekolah-rumah saja. Cobalah untuk ikut bergabung ke beberapa kegiatan ekstrakulikuler yang ada. Baiknya, sesuaikan dengan bidang yang kamu suka dan bakat yang dimiliki. Semisal, di sekolah sebelumnya, kamu sempat masuk tim basket. Gak ada salahnya, lho melanjutkan kegiatan positif tersebut di sekolah yang baru.

7. Tunjukkan prestasi bukan sensasi

Walaupun masih dalam masa penyesuaian, tapi gak ada salahnya kok, kamu mengejar ketinggalan di antara teman-teman yang lain. Tunjukkan kalau kamu bisa berprestasi, dengan nilai yang memuaskan dan patut dibanggakan. Sebaliknya, sebaiknya kamu menghindari tingkah-laku yang kurang baik dan justru akan merugikan dirimu sendiri. Misalnya, bolos sekolah, ketahuan mencontek atau berkelahi di kelas.

8. Jangan sekali-kali membandingkan sekolah lama dengan yang baru

Satu lagi yang tak kalah penting adalah jangan sekali-kali membandingkan sekolahmu yang dulu dengan sekolah barumu sekarang. Tidak bisa dipungkiri memang, pasti ada banyak hal yang berbeda kamu temui di tempat baru. Tapi lebih baik tahan diri, dan cukup membandingkannya dalam hati. Karena melontarkan perbandingan tersebut hanya akan membuat kuping teman-temanmu yang mendengarnya, panas. Alhasil, kamu justru bakal dibilang sebagai murid pindahan yang menyebalkan. Jadi gimana, siap menjalankan delapan trik di atas? Semoga berhasil di tempat baru, ya!       Sumber : Idntimes.com

Komentar