Hai Sobat ICampus! Beberapa orang mungkin masih belum menyadari banyaknya manfaat dari kegiatan menulis. Bagi sebagian orang menulis juga dianggap sebagai hal yang sulit. Tapi, jika terus mencoba dan terbiasa, ternyata banyak sekali lho manfaat dari menulis. Nah berikut ini sudah terangkum setidaknya 5 manfaat dari menulis. Yuk cek! Baca Juga : 7 Aktivitas Ini Tidak Baik untuk Kesehatan Otakmu, Yuk Kurangi! 

1. Menulis membantu pikiran kita yang abstrak menjadi lebih tertata dan lebih logis.

Terkadang ada terlalu banyak hal yang selalu kita pikirkan, hasilnya kita menjadi tidak memahami pikiran kita sendiri. Menulis dapat membantu menuangkan pikiran abstrak kita menjadi susunan kata dan kalimat yang runtut serta logis. Hal ini dapat membantu pikiran menjadi lebih jernih, dan mengurai benang kusut di dalam pikiran kita sendiri.

2. Kebiasaan menulis membantu kita menjadi lebih fasih dalam berkomunikasi.

Terbiasa untuk banyak menulis dan membaca membantu kita menemukan diksi-diksi baru yang akan memudahkan dalam berkomunikasi secara efisien, dan kita bisa mengkreasikan diksi baru itu ke topik bahasan yang lain, sehingga kita kaya kosakata dalam berkomunikasi.

3. Menulis hal-hal yang membebani kita bisa jadi solusi mengurangi tingkat stres.

Di saat kita stres, terlalu banyak pikiran kusut yang membuat isi kepala menjadi lebih buruk. Menulis hal-hal yang mengganggu pikiran membantu untuk melihat lebih jelas apa saja yang bermasalah dan apa saja yang harus diselesaikan. Akan lebih bagus lagi jika malasah yang pernah kita alami bisa kita tulis dan membagikannya ke orang lain yang mengalami masalah serupa sebagai bahan sharing.

4. Banyak menulis membuat kita wajib mencari referensi dan akhirnya menambah pengetahuan.

Untuk dapat membuat tulisan yang bagus, kita pasti membutuhkan referensi. Banyak membaca referensi dan sumber tulisan lain membuat kita lebih kaya dalam wawasan. Kita jadi tahu teknik dan hal-hal baru yang sebelumnya tidak kita kuasai. Semakin banyak bacaan referensi, semakin banyak pengetahuan yang kita dapatkan. Baca Juga : 5 Cara Produktif Gunakan Internet untuk Para Mahasiswa, Patut Ditiru!

5. Dengan dibacanya tulisanmu, artinya cerita dan sejarahmu tidak akan lekang oleh waktu.

Menulis membuat pikiran kita tetap abadi karena kita menuangkannya dalam bentuk fisik. Seperti yang pernah dikatakan oleh Pramoedya Ananta Toer bahwa “Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah. Menulis adalah bekerja untuk keabadian”. Nah itulah 5 manfaat yang akan kita dapat jika terbiasa menulis. Masih banyak manfaat lainnya yang tidak cukup jika hanya ditulis secara singkat. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk mulai mulai bekerja untuk keabadian. Have a nice day!           Sumber : Idntimes.com

Komentar