Hai Sobat ICampus! Tingkat ekonomi seseorang memang tak sama antara satu dengan yang lainnya. Ada yang dianugerahi kekayaan dan rezeki berlebih dan ada yang memiliki harta seadanya dan sulit untuk melanjutkan kuliah. Baca Juga : Jurus Jitu, 5 Teknik Belajar Efektif untuk Hasil yang Maksimal  Namun keterbatasan ekonomi jangan dijadikan hambatan untuk meraih mimpi dan kesuksesan. Apalagi jika kamu malah mundur dan tidak melakukan apa-apa hanya karena orangtuamu serba kekurangan. Nah berikut 5 cara yang bisa kamu terapkan saat ingin melanjutkan kuliah meski biaya serba minim. Apa saja?

1. Beasiswa

Bagi jenjang strata 1 jangan merasa takut tidak bisa kuliah karena beasiswa dimana-mana menjamur. Asalkan kamu aktif mencari dan memiliki prestasi tentunya kamu pun bisa mendapatkan beasiswa dan melanjutkan kuliah di tempat yang kamu impikan. Teruslah mencari beasiswa sampai kamu lolos demi cita-cita yang selama ini kamu impikan.

2. Kerja part time

Jangan ragu juga untuk kerja part time saat kamu memiliki biaya yang minim untuk kuliah. Berbagai macam pekerjaan bisa kamu tekuni dan tentunya tidak mengganggu jadwal kuliahmu. Misalnya kamu bisa menjadi seorang tutor, mencoba bisnis online, pelayan bahkan bisa juga menjadi penulis artikel dan bayarannya lumayan lho bisa meringankan beban biaya kuliahmu yang saat ini sedang ditempuh.

3. Cari kampus yang harganya murah

Jangan terlalu mengedepankan gengsi ingin kuliah di kampus favorit. Karena biasanya makin favorit suatu kampus maka makin mahal juga biaya kuliahnya. Tak mengapa kamu kuliah di tempat yang biasa saja namun memiliki jurusan yang sesuai dengan bakatmu. Karena kesuksesan tidak dilihat dari mana kampusmu berasal. Semua orang mempunyai peluang untuk sukses entah itu di kampus favorit atau kampus biasa.

4. Asah skill dengan mengikuti lembaga kejuruan

Kalau memang kamu tak bisa kuliah sekarang ya jangan dipaksakan. Lebih baik kamu ikuti sebuah lembaga seperti lembaga kursus yang bisa meningkatkan kemampuanmu di suatu bidang. Kalau kamu hobi memasak, cobalah ikuti suatu kursus memasak yang mana nantinya kamu bisa memulai usaha berdagang. Uang yang kamu dapat bisa kamu tabung untuk kuliah nantinya. Selain itu ada baiknya kamu masuk sekolah menengah kejuruan saja agar saat kamu lulus sudah memiliki skill dan bekerja. Untuk urusan kuliah kamu bisa kuliah sambil kerja kok! Baca Juga : 5 Alasan Aktif Berorganisasi Saat Kuliah Bisa Jadi Modal Masa Depan

5. Cari buku bekas namun masih layak dibaca

Terakhir yang namanya kuliah tentu membutuhkan sebuah buku. Ada baiknya kamu cari saja buku-buku yang harganya murah dan bekas sebagai penunjang belajar. Tak mengapa bekas asalkan masih layak pakai dan masih bisa dibaca. Selain itu kalau kamu memang ingin mencari buku gratis maka kamu bisa mencarinya di internet karena banyak sekali e-book gratis yang bisa kamu unduh. Manfaatkan internet maka kamu pun akan menjalani kuliah dengan baik! Yuk raih cita-citamu dengan cara di atas!         Sumber : Idntimes.com

Komentar