Hai Sobat ICampus! Sudah memasuki musim-musim ‘kritis’ para calon mahasiswa nih. Kira-kira setelah lulus SMA, di bangku kuliah nanti kamu mau ambil jurusan apa? Jangan bilang mau ambil jurusan yang sama dengan teman-teman se-geng saat SMA lho! Itu pertimbangan yang gak banget. Kamu harus menentukan sendiri jurusan apa yang diminati untuk dipelajari lebih lanjut di universitas pilihanmu. Nah, salah satu jurusan yang sekarang lagi diminati banyak mahasiswa adalah bisnis digital. Kenapa sih jurusan ini penting di zaman sekarang? Yuk cari tahu! Baca Juga : 5 Hal Ini Dapat Menghambat Skripsimu, Segera Tinggalkan!

1. Ilmu bisnis dan digital, itu lebih ‘zaman now’

Ada berbagai macam mata kuliah menyenangkan yang akan kamu temui di jurusan bisnis digital. Gak hanya melulu mata kuliah bisnis atau digital saja, tapi ada gabungan antara keduanya. Sebut saja mata kuliah e-commerce business, analisa bisnis digital, ekonomi digital baru, dan banyak lainnya. Selain itu kamu juga bakal dituntut untuk lebih logis, kreatif, dan kritis menganalisa inovasi dalam dunia bisnis. Menggeluti bidang yang sedang jadi tren, membuatmu lebih update. Dijamin kamu gak akan ketinggalan informasi dengan hal baru yang sedang hype sekarang ini.

2. Siap dengan tren revolusi industri 4.0

Mengutip dari laman StartupRanking.com, ada sebanyak 2044 startup yang dimiliki Indonesia. Hal ini membuat negara kita masuk ke posisi lima. Sementara di posisi pertama hingga empat ada Amerika, India, Inggris, dan Kanada. Nah, membekali dirimu dengan ilmu bisnis digital, kamu bakal lebih siap untuk ikut ambil bagian di tren revolusi industri 4.0. Siapa tahu nantinya kamu bakal menelurkan startup baru yang setingkat dengan Gojek, Tokopedia, Bukalapak, dan Traveloka.

3. Berhubungan erat dengan kemunculan e-commerce yang menjamur

Sekarang berbelanja secara online lebih diminati daripada berbelanja ke toko fisik. Gak heran jika banyak e-commerce yang lahir seturut perkembangan zaman ini. Kamu yang nantinya akan mempelajari lebih dalam mengenai bisnis digital bakal lebih paham mengenai seluk beluk e-commerce. Bukan gak mungkin kan kalau kamu juga bisa sukses membuat e-commercesendiri?

4. Lulusannya jadi ‘buruan’ perusahaan

Sudah jelas bahwa nantinya lulusan jurusan bisnis digital bakal jadi incaran banyak perusahaan. Belum banyak universitas yang membuka jurusan bisnis digital, membuat sarjana dari jurusan ini cukup ‘langka’. Nah, kamu yang menguasai ilmu bisnis digital tentunya akan jadi primadona. Siap-siap diserbu banyak perusahaan ya! Baca Juga : 5 Mitos dan Fakta Tentang Jurusan Hukum yang Perlu Kamu Tahu 

5. Kamu sudah lebih siap untuk merintis start-upsendiri

Zaman sekarang banyak anak muda yang terjun ke dunia bisnis dan merintis startup sendiri. Dengan berkuliah di jurusan bisnis digital, kamu sudah memiliki bekal lebih jika ingin menggeluti dunia startup. Gak lagi meraba-raba, kamu bisa mengiplementasikan ilmu yang didapat di bangku kuliah ke dunia nyata. Gimana, tertarik gak ambil jurusan ini?           Sumber : Idntimes.com  

Komentar