Hai Sobat ICampus! Adalah hal yang baik, menanyakan pendapat orang lain atau menjadikan pengalaman orang lain sebagai salah satu pelajaran untuk menjalani hidup dengan lebih baik. Tetapi, akan lebih baik lagi, jika kita coba mulai dari diri sendiri. Mengingat setiap orang memiliki pengalaman hidup yang berbeda, terkadang, saran dan pengalaman mereka bukanlah hal yang paling kita butuhkan. Agar kamu berubah menjadi pribadi yang lebih baik, ada kalanya untuk fokus pada diri sendiri. Berikut lima langkah layak coba yang dapat membantu kita agar bisa lebih fokus pada perubahan diri sendiri. Baca Juga : Merasa Salah Jurusan? 5 Tips Berguna Ini Akan Membantumu Bertahan!

1. Luangkan waktu untuk diri sendiri

Aturlah jadwal agar benar-benar memiliki waktu untuk diri sendiri dan ciptakan suasana yang nyaman. Suasana yang tenang dan nyaman, sering kali tanpa disadari membuat kita teringat akan kejadian-kejadian yang telah berlalu, seperti teringat pada perbuatan ataupun perkataan tidak baik yang pernah dilakukan. Jika yakin hanya dengan berbicara pada diri sendiri bisa membantu kita untuk tidak melakukan kesalahan yang sama, lanjutkan saja.

2. Tulis setiap perbuatan tidak baik yang terlintas

Cobalah untuk menuliskan satu per satu hal-hal tidak baik yang pernah dilakukan, yang terlintas saat meluangkan waktu untuk diri sendiri. Ketika memutuskan untuk menulis setiap hal yang terlintas tersebut, saat itu juga, kita bersedia mengakui bahwa kita telah melakukan kesalahan. Lakukan hal ini secara perlahan.

3. Baca setiap hal yang telah ditulis

Ketika merasa jenuh untuk menuliskan semua perbuatan tidak baik yang pernah dilakukan, berhentilah sejenak, lalu, coba bacalah tulisan tersebut. Selama membaca, secara perlahan, kita akan sadar, bahwa kita memiliki banyak kekurangan.

4. Ingat bahwa waktu kita terbatas

Mengingat bahwa masing-masing dari kita memiliki waktu yang terbatas, menimbulkan semangat untuk melakukan aktivitas bermanfaat lebih besar dari sebelumnya. Hal ini baik, karena akan semakin berkurang waktu yang digunakan untuk melakukan aktivitas yang kurang bermanfaat. Baca Juga : 5 Alasan Kamu Harus Bangkit dari Keterpurukan, Jangan Berlama-lama! 

5. Berdoa

Dengan niat yang lurus dan tulus, serta kemauan dan tekad yang kuat, selalu ada jalan untuk kita menjadi lebih baik, seperti selalu dipertemukan dengan lingkungan dan orang-orang baik, misalnya. Dan jangan lupa. Berdoalah. Agar kita selalu dibimbing dan diberi kekuatan dan kesabaran dalam usaha kita menjadi lebih baik dari diri kita yang sebelumnya. Kelima langkah ini membantu mengingatkan kita, bahwa kita adalah manusia yang memiliki banyak kekurangan. Selama masih diberi kesempatan untuk bernapas, selama itu juga kita masih memiliki kesempatan untuk menjadi lebih baik, maka, ayo maksimalkan setiap kesempatan yang dimiliki.           Sumber : Idntimes.com

Komentar