Hai Sobat ICampus! Baru lulus kuliah, belum dapat kerja, tapi kebutuhan sudah banyak? Mungkin ini hal-hal yang dirasakan oleh kaum fresh graduate. Ijazah di tangan ternyata tak langsung menjamin kehidupan yang mapan. Ada banyak tahap yang harus dilewati ketika kondisi finansial makin mencekik. Untuk itu panduan ini harus kamu terapkan, demi kantong yang lebih nyaman. Baca Juga : Kenapa Jurusan Kuliah & Pekerjaan Pada Akhirnya Bisa Berbeda? 

1. Jangan sepelekan pengeluaran kecil.

Kadang kita merasa tidak sayang uang ketika ingin membeli jajanan murah semacam siomay atau cilok, padahal justru pada pengeluaran-pengeluaran kecil itulah uang kita tidak terkontrol. Jadi tetap perketat pengeluaran-pengeluaran kecilmu.

2. Berhemat setiap hari.

Meski hari libur atau apapun jangan berikan kesempatan pada dirimu untuk berfoya-foya. Tidak masalah bersakit-sakit dahulu karena kamu memang sedang dalam masa-masa transisi. Jika kamu berhasil menahan diri dan menata keuanganmu dengan baik, sukses sudah ada di depan mata.

3. Jangan malu terima uang saku.

Orang tua masih berniat memberikanmu uang saku? Jangan malu untuk menerimanya meskipun kamu merasa sudah dewasa karena sudah lulus kuliah. Terimalah kondisi bahwa sekarang kamu masih berjuang. Jika kamu bisa ‘berlari’ lebih cepat dengan uang mereka, kenapa tidak?

4. Temukan inspirasi finansial.

Motivasi itu seperti baterai ponsel yang perlu di-charge tiap saat. Kamu tentu sudah paham dengan konsep berhemat, tapi kamu juga akan sering lupa menerapkannya. Untuk itu carilah inspirasi melalui film, buku, artikel, atau apapun yang bisa memberikan inspirasi finansial buat kamu. Baca Juga : Cuma Mereka yang Kuliah Sambil Kerja, yang Mengalami 7 Problematika Ini

5. Jadilah pekerja lepas.

Kini banyak sekali kesempatan untuk menjadi pekerja lepas, ini sangat cocok untuk fresh graduate seperti kamu. Kamu bisa menjadi tutor untuk anak sekolah, penulis, ataupun pekerjaan lainnya yang bisa dikerjakan tanpa harus pergi ke kantor. Hasilnya bisa jadi pemasukan yang lumayan. Jika kelimanya sudah bisa kamu terapkan, kondisi keuanganmu pasca lulus tidak akan terlalu memprihatinkan. Selamat berjuang ya!       Sumber : Idntimes.com

Komentar