Hai Sobat ICampus! Selain dicap membosankan, belajar seringkali identik dengan meningkatnya level stres. Tak heran kalau banyak yang menghindari kewajiban belajar, padahal belajar adalah hal yang harus kamu lakukan terutama jika kamu masih berstatus pelajar dan mahasiswa. Apalagi bebanmu semakin bertambah sebab kamu harus mempelajari materi tekstual dari buku yang penuh tulisan dan rumus. Duh, rasanya ingin segera selesai belajar dan bersantai saja. Bukan menghindar dan malas-malasan solusinya. Kamu justru disarankan untuk fokus belajar agar materi mudah terserap dan kewajibanmu segera tuntas. Baru bisa bersantai dan melakukan hobi lainmu. Bagaimana caranya fokus? Ikuti tips praktikal berikut saja.

1. Bedakan tempat belajar dengan tempat bersantai

Saat belajar apa sih yang sebenarnya kamu butuhkan? Satu pulpen atau pensil, buku catatan, buku teks, dan kalkulator bila perlu. Maka, singkirkan sejenak barang-barang lain yang tak ada fungsinya dari meja belajar.

3. Matikan ponsel, simpan jauh-jauh dari meja atau tempat belajarmu

Saat ingin fokus belajar jauh-jauhlah dari ponsel dan gadget pada umumnya. Kecuali, jika kamu memang membutuhkannya untuk mendengarkan lagu atau membuka materi. Bila begitu kasusnya, coba matikan koneksi internetnya agar kamu tetap fokus.

4. Gunakan musik yang bisa memblokir suara di sekitarmu

Bila kamu tipe orang yang suka belajar dengan musik, silakan ambil headphone dan dengarkan musik sambil mengerjakan tugas atau membaca materi. Namun, jika kamu tipe orang yang suka ketenangan, tak ada salahnya mencoba memblokir polusi suara dari luar dengan mencoba white noise atau noise cancellation app.  Keduanya merupakan suara-suara menenangkan, bisa berupa deburan ombak atau suara angin yang dijamin bisa meningkatkan fokus.

5. Buat checklist materi yang harus kamu pelajari

Tidak harus diselesaikan semua, kamu bisa pilah dan pilih mana materi yang bisa kamu selesaikan dalam satu sesi belajar ini dan mana yang bisa kamu cicil esok hari. Tuliskan di selembar kertas kecil atau sticky notes dan rasakan betapa leganya tiap kali kamu bisa mencoret satu beban. Baca Juga : 5 Hal yang Sebenarnya Jadi Pertimbangan HRD untuk Menerima Lamaran Kerja Para Fresh Graduate

6. Istirahat sesekali, bila perlu berdiri dari kursi dan keluar kamar

Sebenarnya ada metode interval yang bisa kamu aplikasikan. Caranya mudah kok, tiap belajar 25-30 menit kamu bisa beristirahat selama 10 menit. Ulangi cara itu sampai kamu selesai belajar. Namun, kamu bisa menentukan sendiri pola belajar dan istirahat sesuai dengan preferensimu sendiri. Usahakan kamu beberapa kali berdiri dari kursi dan berjalan ke luar kamar untuk istirahat. Bisa untuk mengambil camilan/minuman atau menghirup udara segar.

7. Buat batasan waktu dan patuhilah

Buat batasan waktu berapa lama kamu harus belajar. Biasanya 4-8 jam belajar sudah cukup. Jangan menyiksa diri dengan belajar lebih dari 8 jam sehari. Kamu pun butuh melakukan banyak hal lain dalam hidupmu.

8. Coba melatih mengurangi distraksi dengan cara berikut

Saat semua benda yang bisa mengganggu belajarmu sudah disingkirkan, terkadang kamu masih belum bisa fokus juga. Ada saja pikiran-pikiran yang mendistraksimu. Untuk itu kamu bisa mencoba menggunakan aplikasi mindfulness atau kamu bisa catat terlebih dulu hal-hal yang mengganggu pikiranmu misal beberapa tugas yang takut terlupa. Kamu bisa mengurusnya setelah belajar. Buat bekal menyambut tahun ajaran baru, boleh tips tadi kamu praktikan.       Sumber : Idntimes.com

Komentar