Hai Sobat ICampus! Kegiatan mahasiswa di kampus tentu tidak lepas dengan yang namanya presentasi tugas atau makalah di depan kelas. Hal ini menjadi bagian dari penilaian para dosen terhadap kemampuan komunikasi mahasiswa dalam menyampaikan kembali materi yang telah diajarkan. Untuk bisa tampil maksimal dalam kegiatan presentasi, tentu kamu perlu latihan beberapa hal, salah satunya melatih daya ingatmu agar mengingat materi yang akan kamu sampaikan. Lantas, apa saja, sih, yang harus dilakukan agar bisa mengingat materi presentasi dengan baik? Berikut ini lima tips yang bisa kamu terapkan. Baca Juga : 8 Tips Praktis Meningkatkan Fokus Saat Belajar, Mudah Banget! 

1. Memiliki niat dan kemauan yang kuat

Sesuatu akan berjalan lancar jika seseorang memiliki niat dan kemauan yang kuat untuk menjalankannya. Begitu juga untuk kamu yang ingin sukses dalam mengingat materi presentasi di kampus. Kamu harus punya niat dan kemauan kuat untuk berlatih agar presentasimu bisa berjalan lancar.

2. Pahami materi yang akan kamu sampaikan

Cari tahu istilah-istilah sulit yang kamu temukan dalam materi. Lalu, pelajari definisi istilah tersebut agar kamu memahaminya. Ingatlah, jika paham isi dari materi yang akan kamu sampaikan, kamu bisa dengan mudah mengingat materi tersebut sehingga kegiatan presentasi pun lancar.

3. Rajin mengulang-ngulang materi

Kegiatan ini penting agar kamu semakin mengingat materi yang akan kamu sampaikan lewat presentasi. Materi yang akan kamu bawakan pun akan “lengket” di kepala. Salah satu contohnya, kamu adalah mahasiswa ilmu komunikasi dan mendapat tugas mempresentasikan materi tentang dasar-dasar jurnalistik pekan depan.  Agar berhasil mengingat materi tentang dasar-dasar jurnalistik tersebut, kamu harus mengulang-ulangnya seminggu sebelum tiba hari presentasi. Baca Juga : 5 Cara Mengatasi Kebiasaan Mudah Lupa Sama Pelajaran, Sudah Tahu?

4. Menuliskan poin-poin penting materi ke dalam sebuah catatan

Agar semakin ingat akan materi yang akan kamu sampaikan nantinya, kamu perlu menuliskan poin-poin penting materi tersebut ke dalam secarik kertas. Setelah itu, tempelkan kertas catatan tersebut di kamarmu agar kamu sering membacanya saat berada di kamar. Hal ini bisa membantumu dalam meningkatkan kemampuan mengingat materi.

5. Menjaga kesehatan dengan tidur cukup di malam hari

Tidur dapat mempengaruhi kemampuan mengingat seseorang. Tidur yang cukup pada malam hari akan memengaruhi kinerja otak untuk mengingat dengan baik. Karena itu, kamu perlu menjaga kesehatan agar daya ingatmu tetap terjaga. Demikianlah lima tips mengingat materi kuliah saat presentasi di kampus. Tetap semangat untuk mempelajari dan memahami materi yang akan kamu bawakan dalam presentasi. Ingat, semakin kamu berlatih, kemampuanmu mengingat materi akan semakin tajam.       Sumber : Idntimes.com

Komentar