Hai Sobat ICampus! Tidak semua orang memiliki ketertarikan yang besar dengan bekerja kelompok. Sebagian orang lebih memilih bekerja dengan dirinya sendiri meskipun sedang dalam kelompok. Hal ini sungguh tidak baik dalam usaha untuk mencapai cita-cita kelompok. Setiap anggota harus mengusahakan agar kelompoknya menjadi kompak. Tidak hanya satu pihak saja, melainkan semuanya. Ini dia tips untuk kalian yang memiliki cita-cita agar anggota kelompoknya bisa kompak. Baca Juga : Jangan Lakukan Hal Ini Jika Sedang Presentasi!

1. Jaga komunikasi

Komunikasi adalah hal yang paling penting dalam menjaga keutuhan kelompok. Jangan sampai ketika ada persoalan yang sulit dipecahkan, sesama anggota kelompok saling diam. Komunikasi harus diusahakan oleh semua anggota kelompok agar persoalan cepat terselesaikan.

2. Memiliki inisiatif

Memiliki inisiatif dalam bekerja kelompok berarti sama dengan bekerja secara totalitas. Setiap anggota kelompok harusnya sadar bahwa inisiatif diperlukan agar semakin dekat pada tujuan. So, jangan gengsi-gengsi untuk memulai inisiatif.

3. Menghormati perbedaan pendapat

Perbedaan pendapat memang sering terjadi dalam bekerja kelompok. Meskipun begitu, akan lebih baik jika perbedaan itu dapat dikomunikasikan secara baik-baik. Jadi, menghargai perbedaan pendapat bisa membuat kelompokmu makin kompak. Baca Juga : 5 Tips Agar Presentasimu Mendapat Nilai Bagus dari Dosen

4. Bersikap kooperatif dalam bekerja

Seringkali kalian temui bahwa ada saja anggota kelompok yang bersikap tidak kooperatif dan suka seenaknya sendiri. Tentu hal itu sangat merugikan kelompok kalian. Untuk menghindari hal itu, setiap anggota harus tetap fokus pada tujuan bersama.

5. Bersikap dewasa dalam menghadapi masalah

Bersikap dewasa saat bekerja kelompok itu seperti tidak gampang tersulut emosi dengan rekan yang lain. Konflik tidak akan menjadi masalah besar jika kalian memiliki kedewasaan berpikir. Kedewasaan berpikir akan membuat kelompok kalian semakin matang dan diperhitungkan. Bangunlah kekompakan kelompokmu mulai dari dirimu sendiri. Kelompok yang kompak tentu akan lebih mudah meraih apa yang menjadi tujuannya. Jadi, jangan goyah dengan halangan-halangan kecil yang berpotensi memecah kelompokmu.       Sumber : Idntimes.com

Komentar