Hai Sobat ICampus! Kehidupan manusia memang tak selalu lepas dari masalah, entah itu masalah kecil atau besar. Tentu saja, tak ada seorang pun yang ingin mengalami masalah. Nah, untuk bisa menghadapi masalah, pastinya kamu juga harus tahan banting. Makna tahan banting di sini adalah kamu memiliki mental yang kuat dan tak mudah menyerah saat menghadapi masalah. Nah, agar kamu bisa tahan banting saat hadapi masalah, berikut 5 hal penting yang harus kamu tahu.

1. Lingkungan yang positif

Lingkungan yang positif, tentu sangat berpengaruh pada cara kamu memandang masalah. Mereka yang selalu bersikap positif, seringkali memberi inspirasi dan saran yang bermanfaat saat kamu merasa buntu dalam menghadapi masalah. Bandingkan kalau kamu berada di lingkungan yang negatif saat kamu sedang didera masalah. Bisa-bisa, kamu semakin frustrasi dan bikin kamu langsung menyerah saat hadapi masalah hidup. Jadi, jangan sampai kamu berada di lingkungan yang negatif, ya! Baca Juga : 5 Metode Belajar Bahasa Asing Seperti Layaknya Main Game, Cobain Yuk! 

2. Dukungan dari orang-orang terdekat

Menyambung poin di atas, dukungan dari orang terdekat termasuk dalam lingkungan positif yang bikin kamu lebih tahan banting saat hadapi masalah. Tak hanya sekadar memberi saran dan inspirasi, orang-orang terdekat juga selalu ada dan mengulurkan bantuan saat kamu sedang dilanda masalah. Jadi, mulai sekarang syukurilah keberadaan mereka yang selalu ada untukmu, ya.

3. Kemampuan problem solving yang sudah dilatih

Saat menghadapi masalah, kamu tentu harus menyelesaikan masalah tersebut kalau kamu mau keluar dari situasi atau keadaan tersebut. Ya, untuk menghadapi suatu masalah dibutuhkan kemampuan problem solving atau menyelesaikan masalah. Bagaimana cara kamu menghadapi dan menyelesaikan masalah sangat berpengaruh pada hasil akhir. Ingat, kemampuan problem solving juga harus dilatih mulai dari masalah-masalah kecil. Sehingga, kalaupun terjadi masalah yang lebih besar, kamu sudah mampu mengatasinya dengan baik.

4. Mendekatkan diri kepada-Nya

Kedekatan pada Tuhan, merupakan hal yang sangat penting dalam perjalanan hidup manusia. Apalagi saat manusia dihadapkan dengan berbagai masalah. Percaya dan berbaik sangkalah kepada-Nya, mungkin saja masalah yang kamu hadapi dapat membentuk kamu menjadi pribadi yang lebih kuat dan tangguh. Mendekatkan diri kepada-Nya, juga merupakan kunci ketenangan dalam menghadapi berbagai masalah hidup. Baca Juga Jangan Ragu, 5 Alasan Kuliah S3 Bisa Bermanfaat untuk Kariermu

5. Sikap optimis

Jangan pernah lupakan sikap optimis saat sedang menghadapi masalah. Sebab, sikap optimis adalah tanda bahwa kamu masih punya harapan di balik masalah yang ada. Kamu gak akan mudah menyerah dan menjadi lebih kuat dengan membiasakan diri untuk bersikap optimis. Jadi, itulah 5 hal yang bikin kamu tahan banting saat hadapi masalah. Semoga kamu bisa segera mengatasi segala permasalahan yang ada dengan baik.       Sumber : Idntimes.com

Komentar