Hai Sobat ICampus! Berkuliah di tempat favorit menjadi salah satu impian terbesar bagi sebagian besar orang. Namun, tak jarang kampus yang menjadi incaran tersebut berada jauh dari lokasi rumahmu saat ini. Mau tidak mau, kamu harus pergi merantau jauh dari keluarga. Hal ini tentu tidak mudah bagi sebagian orangtua, terutama jika mereka sangat protektif. Terlalu banyak yang mereka takutkan ketika kamu tidak berada di dekat mereka. Berikut beberapa cara yang bisa kamu coba untuk dapat meyakinkan kedua orangtuamu!

1. Bicarakan perlahan dan jangan terlalu memaksakan saat pertama sekali meminta izin

Pertama-tama, jangan jadi egois dengan meminta izin, tapi terkesan memaksa. Mulailah bicarakan perlahan-lahan mulai dari alasan-alasan kenapa kampus tersebut bagus dan menjadi favorit. Kemudian, dengarkan pendapat orangtuamu dan jangan marah jika awalnya mereka menolak. Kamu bisa mencoba membicarakannya lagi dengan memberi alasan lain yang dapat mereka terima. Baca Juga : 5 Tips Memilih Program Kuliah Online dengan Benar

2. Tunjukkan pada mereka dan beri pengertian bahwa kamu sudah dewasa

Yakinkan pada mereka bahwa merantau bisa membuatmu menjadi pribadi yang lebih mandiri. Walaupun tidak mudah, kamu bisa hidup jauh dari orangtua. Kamu harus mencoba untuk mengatasi masalah sendiri, meskipun sulit. Hal ini bisa dimulai di kehidupanmu sehari-hari terlebih dahulu. Jadi, mereka bisa melihat sendiri. Teruslah beri mereka pengertian agar mereka mengizinkan kamu untuk hidup jauh dari mereka.

3. Orangtua tetap bisa mengontrol kamu seperti saat kamu bersama mereka

Jauh dari orangtua bukan berarti kamu menghilang sepenuhnya. Mereka tetap bisa mengawasimu kapan pun mereka mau. Mereka tetap bisa mengetahui dengan siapa kamu tinggal, di mana tempat tinggalmu, dan bagaimana lingkungan di sana. Mereka tetap bisa menyarankanmu untuk tidak pergi ke tempat-tempat yang mereka tidak setujui. Kamu pun harus selalu jujur dan tidak boleh sedikit pun membohongi mereka, sekalipun mereka tidak tahu.

4. Ajak mereka untuk terlibat dalam setiap keputusan, termasuk dalam memilih tempat tinggal

Ajaklah orangtua ke tempat tinggal barumu. Biarkan mereka memilih tempat mana yang bagus untuk dapat kamu tinggali; lingkungan seperti apa yang mereka inginkan; dan fasilitas tempat tinggalmu yang menurut mereka bagus. Berhubung masih menjadi tanggungan hidup mereka, kamu harus menurut dan mendengarkan dengan baik, setidaknya hingga saatnya kamu sudah benar-benar bisa mandiri dan memutuskan hidupmu sendiri.

5. Berjanji untuk selalu menghubungi dan selalu menjaga diri

Beri mereka penjelasan bahwa kamu akan sering menghubungi mereka. Hal ini dilakukan agar mereka tidak terlalu khawatir dengan keadaanmu. Bagaimanapun, tinggal di lingkungan baru seorang diri akan selalu membuat mereka khawatir. Oleh karenanya, jangan lupa untuk menelepon atau menghubungi via panggilan video dengan orangtua secara rutin.

6. Cobalah untuk meminta pendapat keluargamu yang lain

Jika dirasa kurang kuat, cobalah cari dukungan orang lain dalam keluargamu. Kamu bisa meminta pendapat kakak, paman, tante, atau keluarga lain yang mampu menguatkan pendapatmu. Tentunya, kamu juga harus memberi pengertian pada mereka bahwa keputusanmu adalah baik dan mendukung masa depanmu. Sehingga, nantinya, orangtua dapat mengerti dan lebih memahami. Baca Juga : 5 Langkah Tepat Daftar Beasiswa Biar Gak Panik Duluan

7. Mencari teman satu sekolah yang akan kuliah di tempat yang sama denganmu

Jika dirasa perlu, carilah teman sekolahmu yang juga ingin berkuliah di tempat yang sama denganmu. Kadang, orangtua ingin agar anaknya tidak benar-benar sendirian di sana. Mereka ingin memastikan bahwa ada orang lain yang mereka kenal untuk bisa selalu memantau anaknya. Terlebih lagi kalau teman tersebut adalah sahabat anak mereka. Nah, jika sudah begitu, kemungkinan besar orangtuamu akan mulai mempertimbangkan keputusanmu. Mereka juga ingin anak mereka menjadi pribadi yang mandiri dan membanggakan. Jadi, selamat mencoba!       Sumber : Idntimes.com

Komentar