Hai Sobat ICampus! Saat ini kemampuan berbahasa Inggris semakin dibutuhkan, terutama dalam bidang pendidikan dan sosial. Tuntutan pekerjaan juga menjadi salah satu alasan mengapa seseorang harus memiliki kemampuan berbau Inggris. Namun, masih banyak orang yang hanya menguasai satu atau dua skill saja dan kurang pada skill lainnya. Agar kamu bisa menguasai keempat skill tersebut sekaligus, kamu bisa coba tips belajar bahasa Inggris berikut ini. Baca Juga : 5 Hal Ini yang Pasti Selalu Diingat Para Pejuang Skripsi, Memorable!

1. Pahami grammar

Kamu bisa mulai belajar grammar di sekolah, belajar sendiri ataupun mengikuti les. Buat kamu yang hanya ingin belajar grammar di sekolah, maka kamu harus benar-benar memperhatikan saat guru sedang menjelaskan dan memaksimalkan fasilitas yang ada. Jangan malu bertanya jika ada hal yang tidak kamu mengerti.

2. Menonton film berbahasa Inggris disertai subtitle

Menonton film berbahasa Inggris bisa yang disertai subtitle, baik yang berbahasa Indonesia maupun Inggris dapat melatih skill listening kamu. Kamu juga bisa mencocokkan subtitle dengan kata yang diucapkan oleh karakter dalam film. Secara tidak langsung ini juga akan menambah perbendaharaan katamu. Kamu juga jadi tahu bagaimana pronunciation, penulisan serta situasi yang cocok untuk menggunakan kata-kata tersebut.

3. Baca artikel bahasa Inggris

Perbanyaklah membaca tulisan berbahasa Inggris melalui koran, novel ataupun buku cerita lainnya. Tapi jika malas membaca buku, kamu bisa baca berita ataupun artikel berbahasa Inggris lewat media online. Kamu juga bisa menggunakan aplikasi bahasa Inggris. Pilih aplikasi yang dapat digunakan secara offline dan bisa menambah vocabulary karena akan memunculkan kata baru beserta arti dan cara pengucapannya setiap kali kamu membuka kunci layar HP.

4. Miliki sparring partner

Sparring partner adalah seseorang yang bisa menjadi partner kamu dalam berbahasa Inggris. Sebagus apapun kemampuan berbahasa Inggris kamu, jika tidak coba kamu praktikkan tidak akan membuatmu lancar berbahasa Inggris. Cobalah cari teman atau orang lain yang bisa kamu ajak berbicara bahasa Inggris. Tidak usah takut dan malu, karena kalian juga bisa saling melengkapi dan belajar satu sama lain. Baca Juga : 5 Tips Memilih Program Kuliah Online dengan Benar

5. Belajar menulis dalam bahasa Inggris

Belajar menulis juga sangat penting. Hal ini biasanya akan sangat bermanfaat saat kamu harus menulis sebuah esai, baik untuk kebutuhan persyaratan beasiswa atau hal lainnya. Secara dasar, latihan menulis bisa jadi latihan pengembangan diri secara pribadi. Kamu bisa menulis dalam bahasa Indonesia terlebih dahulu, baru setelah itu terjemahkan ke dalam bahasa Inggris. Sebisa mungkin hindari penggunaan aplikasi terjemahan ya, karena itu tidak menjamin penggunaan tata bahasa dengan benar. Itulah beberapa tips untuk menguasai empat skill dalam berbahasa Inggris. Jadi kamu bisa berbahasa Inggris secara utuh dan tidak asal bisa berbicara!       Sumber : Idntimes.com

Komentar