Hai Sobat ICampus! Teknik Pengairan atau Teknik Sumber Daya Air merupakan salah satu jurusan langka di Indonesia. Faktanya, di Indonesia hanya ada dua perguruan tinggi yang membuka jurusan ini. Prospek lulusan yang menjamin karena lapangan pekerjaan terbuka lebar mulai konsultan, kontraktor, BUMN, ASN maupun akademisi. Nah, buat kamu yang mau kuliah dan bingung memilih jurusan, siapa tau 5 hal unik jurusan Teknik Pengairan ini bisa menjadi referensi yang tepat buat studimu.

1. Langka! Cuma ada di Universitas Brawijaya dan Institut Teknologi Bandung

Jurusan Teknik Pengairan ini hanya ada di dua universitas ternama di Indonesia. Teknik Pengairan di Universitas Brawijaya, Teknik dan Pengelolaan Sumber Daya Air di Institut Teknologi Bandung. Meskipun berbeda nama, lingkup kajian mata kuliahnya sama. Terkait usia, Teknik Pengairan Universitas Brawijaya lebih tua karena didirikan pada tahun 1976 dengan kerjasama bersama Kementerian Pekerjaan Umum, sedangkan Teknik dan Pengelolaan Sumber Daya Air ITB baru dibuka pada tahun 2013. Teknik Pengairan Universitas Brawijaya tidak hanya menyediakan program sarjana, namun juga magister dan doktor. Baca Juga : Pertimbangkan 5 Hal Ini Saat Kamu Ingin Kuliah di Dua Jurusan

2. Minoritas tapi berkualitas internasional

Jurusan Teknik Pengairan Universitas memang menjadi pertama dan tertua di Indonesia, tak hanya menang dari segi usia, kualitasnya pun tak diragukan lagi. Jurusan ini terakreditasi A oleh BAN-PT dan mendapat akreditasi  AUN-QA (ASEAN University Network Quality Assurance). Sedangkan program studi Teknik dan Pengelolaan Sumber Daya Air ITB sudah terakreditasi B oleh BAN-PT. Yakin gak mau kuliah di jurusan langka ini?

3. Gak jauh-jauh dari jurusan Teknik Sipil

Jika orang tidak mengetahui jurusan Teknik Pengairan, mungkin akan lebih familiar dengan jurusan Teknik Sipil. Konsentrasi yang bisa diambil di jurusan Teknik Sipil di antaranya struktur, geoteknik, jalan, manajemen konstruksi dan transportasi. Bisa dibilang ini adalah jurusan Teknik Sipil yang fokus dengan konsentrasi Sumber Daya Air.

4. Namanya mirip, tapi Pengairan beda dengan Perairan

Banyak calon mahasiswa mengira bahwa pengairan dan perairan sama. Padahal keduanya jauh berbeda. Jurusan Pengairan ada di Fakultas Teknik, sedangkan Perairan ada di Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan. Materi yang dipelajari pun berbeda, di jurusan Perairan ada yang mempelajari manajemen sumber dayanya dan juga budidaya perairan. Materinya berkaitan tentang pemetaan, eksploitasi, pembudidayaan, produksi, hingga pemasaran sumber daya perairan. Baca Juga : 5 Keuntungan Kuliah Online yang Bisa Kamu Nikmati, Bisa Tetap Cerdas!

5. Kupas tuntas tentang sumber daya air, dari sistem hingga bangunan tekniknya

Dasar keilmuan teknik menjadikan mahasiswa yang kuliah di jurusan Teknik Pengairan diharapkan menjadi problem solver terhadap permasalahan keairan yang ada. Di jurusan ini dipelajari rekayasa teknik sumber daya air, teknik irigasi dan drainase baik sistem dan bangunannya, pemanfaatan teknologi sistem informasi geografis, bangunan teknik seperti bendungan, waduk maupun bangunan air lainnya dan hal lain yang masih terkait. Hal inilah yang menjadikan lulusan Teknik Pengairan tak perlu khawatir mengenai pekerjaan di masa depan karena sangat dibutuhkan. Itulah 5 fakta terkait jurusan langka mengenai sumber daya air yang ada di Indonesia. Jadi masih ragukah untuk menjadikan jurusan ini salah satu tujuan studimu? Semoga sukses memilih jurusan.       Sumber : Idntimes.com

Komentar