Hai Sobat ICampus! Sukses adalah cita-cita yang diimpikan semua orang. Menjadi sukses sendiri gak mesti harus menjadi kaya dan berlimpah harta. Semua orang memiliki definisinya masing-masing soal sukses itu sendiri. Bagaimanapun bentuknya, kesuksesan adalah sesuatu yang sangat diidam-idamkan banyak orang. Berbagai kalimat motivasi, video pemberi semangat, buku berisi rangkaian kata soal menjadi sukses juga bertebaran di mana-mana. Namun, ada satu kata yang masih jarang disandingkan dengan kesuksesan. Yaitu kata takut. Lalu, apa aja yang harus kita takuti demi bisa menjadi sukses? Ini nih beberapa diantaranya. Baca Juga : 5 Kiat yang Membantumu Sukses Hadapi Ujian Tanpa Stres Berlebihan 

1. Takut merasa betah di zona nyaman

Hal pertama yang harus ditakuti bagi siapapun yang ingin sukses adalah takut betah di zona nyaman. Maksudnya disini adalah kita harus selalu bergerak keluar dari zona nyaman. Semua rasa nyaman yang ada hanya akan menjebak kita dan gak akan membuat kita bergerak maju. Semua orang sukses, pasti memiliki keberanian untuk menantang dirinya dengan sesuatu yang baru dan keluar dari zona nyamannya selama ini.

2. Takut tidak bisa berkembang dan menerima perubahan

Ketakutan yang juga perlu dimiliki siapapun yang ingin sukses adalah takut tidak bisa berkembang. Tapi, rasa takut ini bukan hanya disimpan dalam hati saja, lo. Kita wajib memberanikan diri dan menjadikan rasa takut itu sebagai pemicu untuk melakukan hal yang sebaliknya. Intinya, kesuksesan hanya akan datang pada mereka yang bisa bergerak sesuai perubahan zaman dan berkembang dengan berbagai inovasi yang dilakukannya.

3. Takut tidak bisa belajar dari kesalahan

Ketakutan berikutnya adalah ketika melakukan sesuatu yang salah, kita harus takut untuk tidak bisa belajar melalui kesalahan tersebut. Ketakutan yang kita miliki ini kemudian harus bisa membuat kita selalu mencari pembelajaran dari segala aspek kehidupan yang terjadi di sekitar kita. Karena, orang yang sukses sejatinya adalah orang yang selalu mau belajar, bahkan dari kesalahan yang dia lakukan.

4. Takut menjadi orang yang mudah terlena pada masa kini sehingga gak bisa merencanakan masa depan

Seorang yang sukses adalah mereka yang visioner. Kemampuannya “melihat” masa depan mendorongnya untuk melakukan usaha-usaha di masa kini. Makanya, kalau mau sukses, kita harus takut menjadi orang yang terlena pada apa yang kita miliki di masa kini. Sebab, terlena pada masa kini menjadikan kita orang yang stagnan dan gak bisa maju, lo. Serem banget kan? Baca Juga : 5 Hal yang Harus Dilakukan Ketika Salah Mengirimkan Surat Lamaran Kerja. Duh, Banyak Typo-nya!

5. Takut tidak bisa menjadi seseorang yang memberi manfaat bagi orang lain

Sejatinya, kesuksesan dalam hal apapun gak akan ada gunanya jika hanya untuk diri kita sendiri. Sebab itulah kita wajib merasa takut bahwa kita gak akan bisa berguna bagi orang lain. Ketakutan ini akan mendorong kita untuk selalu berupaya dalam berbagai hal demi kemaslahatan masyarakat banyak. Minimal sih untuk keluarga kita sendiri, ya. Rasa takut memang terdengar seperti berkonotasi negatif. Orang sukses mana sih yang memelihara perasaan takut dalam dirinya? Namun, jika rasa takut yang notabene berkonotasi negatif ini kita sandingkan dengan sesuatu yang negatif pula, hasilnya akan menjadi positif. Jadi, takutlah untuk melakukan hal-hal bersifat merugikan diri sendiri dan orang lain. Agar, apapun yang kita lakukan akan menghasilkan hal yang positif. Setuju?       Sumber : Idntimes.com

Komentar