Hai Sobat ICampus! Setelah lulus dari bangku SMA, tersedia beberapa pilihan untuk melanjutkan dunia pendidikan. Salah satunya adalah kuliah di perguruan tinggi. Jenjang perkuliahan dipilih oleh mereka yang ingin mendapatkan gelar spesifik. Namun, tantangan selanjutnya adalah bagaimana memilih jurusan yang tepat dengan passion.  Memilih jurusan bukanlah suatu hal yang mudah. Ini merupakan pilihan besar untuk hidupmu ke depannya. Bagi kamu yang masih bingung memilih jurusan, yuk simak beberapa hal yang bisa memberi pencerahan saat bingung pilih jurusan kuliah berikut! Baca Juga : Biasanya, 6 Tahapan Ini Sering Banget Dialami Oleh Mahasiswa 

1. Pertama, berikan waktu untuk memilih jurusan yang sesuai. Jangan merasa terdesak, lantas kamu asal-asalan ambil keputusan!

Jangan terburu-buru mengambil keputusan soal jurusan yang diinginkan. Jurusan yangg dipilih, akan menjadi langkah awal untuk kariermu mendatang. Usahakan untuk tidak mencoba-coba sebuah jurusan jika kamu memang belum yakin. Jika nanti kamu merasa salah jurusan, hal tersebut akan menghambat waktumu dalam menempuh pendidikan. Meski kelak bisa berpindah jurusan, lebih baik kamu mencegah hal tersebut untuk mempercepat proses pendidikan.

2. Cari tahu tentang jurusan yang kamu minati dan buatlah prioritas sesuai dengan situasimu. Dengan begitu, kamu bisa membuat pertimbangan matang

Cari tahu beberapa jurusan yang mengarah pada minatmu. Pertimbangkan setiap jurusan yang sudah kamu targetkan dari berbagai sisi. Dengan begitu, kamu dapat menilai apakah jurusan tersebut benar-benar sesuai dengan passion. Susunlah beberapa pilihan berdasarkan prioritasmu.
Setelah jurusannya, cari tahu pula kampus mana yang menyediakan jurusan tersebut. Pertimbangkan hal itu benar-benar! Masing-masing universitas memiliki kurikulum yang berbeda walaupun jurusannya yang sama. Pilihlah yang sesuai dengan minat. Cari informasi sebanyak dan selengkap mungkin. Jangan sampai kamu menyesal dan baru mengetahui suatu informasi setelah masuk kuliah!

3. Tanyakan juga pendapat orang lain tentang pilihan yang kamu ambil. Siapa tahu, mereka bisa memberikan masukan dari pengalamannya?

Dalam melakukan pertimbangan, tidak cukup jika hanya mengandalkan pengetahuan atau pendapat pribadi saja. Pendapat orang lain dapat kamu jadikan pertimbangan walaupun tidak sepenuhnya. Seringkali dengan pertimbangan orang lain, kamu bisa mendapatkan feedback mengenai dirimu. Alternatif lainnya adalah ikut tes minat pada konsultan atau psikolog. Ini merupakan cara yang akurat untuk mengukur minat karena didasari data dan kemampuanmu. Namun, tetap utamakan masukan yang positif! Jangan sampai pendapat orang lain jadi penghalangmu untuk berkarya!

4. Jangan lupa memikirkan masa depanmu dengan melihat peluang kerja dari jurusan tersebut!

Selain berdasarkan minat, perhatikan pula peluang kerjanya di masa depan. Dengan peluang kerja yang baik, masa depanmu pun baik. Dengan begitu, kuliah yang kamu lakukan tidak akan sia-sia. Baca Juga : 5 Hal Sepele yang Bisa Bikin Kamu Salah Jurusan, Hati-hati!

5. Walaupun banyak pertimbangan, jangan lupa tetap ikuti kata hati untuk menggapai mimpimu!

Selain empat poin di atas, pastikan keputusan yang kamu ambil berdasarkan kata hati dan kesimpulan dari berbagai pertimbangan kamu. Jangan jadikan pendapat orang lain sebagai acuan utama. Selain itu, berpikirlah dalam situasi yang baik dan dengan kepala dingin. Jika kalian sudah melakukan lima poin di atas tetapi masih bingung melakukannya, tenang! Tak masalah menunda pendidikan jika kamu masih bingung. Tidak perlu terburu-buru karena keputusan besar memang membutuhkan waktu kok!
    Sumber : Idntimes.com

Komentar