Hai Sobat ICampus! Walaupun sudah les bahasa Inggris ke sana ke mari tapi level bahasa Inggrismu masih segitu-gitu saja , sedangkan teman yang tidak pernah les justru lebih luwes, hal ini pastinya bikin kamu heran bukan? Jadi, sejatinya tempat kursus yang bagus tidak lantas menjamin kemampuan bahasa Inggrismu akan meningkat secara signifikan. Sebab, bahasa Inggris perlu dipelajari dan dipraktikkan secara konsisten. Nah, untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggrismu agar lebih cas cis cus tanpa perlu keluar biaya untuk les. Berikut beberapa tips sederhana yang bisa kamu praktikkan setiap hari.

1. Jangan takut salah

Hal pertama yang perlu kamu tahu untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris adalah jangan takut melakukan kesalahan. Sebab, orang hanya bisa memperbaiki kesalahanmu ketika mereka tahu kamu membuat kesalahan. Tanpanya, tidak akan ada peningkatan dalam skill bahasa Inggrismu. Jadi, percaya dirilah. Baca Juga : Simak, Ini 5 Manfaat Exchange Program bagi Mahasiswa

2. Buat lingkunganmu kental dengan bahasa Inggris

Kelilingi dirimu dengan segala hal yang berhubungan dengan bahasa Inggris. Tempatkan dirimu di lingkungan di mana kamu bisa belajar berbahasa Inggris secara pasif. Salah satunya adalah melalui membiasakan diri berbicara dengan bahasa Inggris.

3. Asah 4 keterampilan inti

Praktikkan 4 keterampilan inti dalam belajar bahasa Inggris, yaitu membaca, menulis, berbicara, dan mendengarkan. Empat hal ini perlu dilatih secara konsisten agar kemampuan bahasa Inggris dapat meningkat.

4. Buat jadwal tes secara berkala

Mengetes kemampuan bahasa Inggris secara berkala dapat membuatmu tahu bagaimana kemampuan bahasa Inggrismu dari waktu ke waktu. Juga, kamu akan lebih menyadari bagian mana yang perlu kamu pelajari lebih dalam. Selain itu, mengikuti tes bahasa Inggris juga memaksamu untuk belajar dengan serius. Baca Juga : Bahaya! Ini 5 Kebiasaan yang Bisa Menghambatmu Meraih Kesuksesan

5. Cari tahu metode belajar terbaik

Kamu juga perlu tau metode apa yang paling cocok untukmu, bisa dengan menghafal, membaca, berbicara, meringkas, atau metode lain. Untuk itu, kamu perlu menjajal berbagai metode agar menemukan satu yang paling cocok. Selain itu, cari tahu juga apakah kamu lebih cocok belajar di tempat yang tenang sendiri atau bersama kelompok.

6. Minta bantuan dari ahlinya

Bahasa Inggris menang tidak bisa 100 persen dipelajari sendirian. Jadi, kamu tetap perlu meminta bantuan orang lain yang lebih ahli, misalnya saat ada sesuatu yang sulit kamu pahami, ingin mengoreksi kemampuan speaking atau writing, dan sebagainya.

7. Biasakan membaca dengan bahasa Inggris secara bertingkat sesuai levelmu

Kamu juga perlu membiasakan membaca buku berbahasa Inggris secara bertingkat. Misalnya, diawali dengan buku untuk anak-anak, kemudian meningkat menjadi buku remaja, majalah, novel, koran, dan seterusnya. Ini diperlukan untuk meningkatkan kemampuan pemahaman bahasa Inggrismu secara bertahap. Gimana, mudah bukan? Selamat mencoba ya!       Sumber : Idntimes.com

Komentar