Hai Sobat ICampus! Istilah ‘Sarjana Kertas’ biasanya merujuk kepada orang-orang yang mengecap pendidikan di Perguruan Tinggi dengan tujuan ‘hanya’ ingin mengejar ijazah. Tanpa dibekali kemampuan yang mumpuni, si ‘Sarjana Kertas’ biasanya akan menggunakan ijazahnya dengan tujuan ‘tertentu’. Tak sungguh-sungguh mengecap ilmu, kaum pengejar ijazah biasanya tak terlalu memedulikan tujuan sebenarnya perkuliahan. Biar gak dicap sebagai ‘Sarjana Kertas’, berikut ini beberapa kiat sederhana agar tujuan kamu kuliah tak hanya sekadar mengejar selembar kertas bernama ijazah.

1. Kuasai bidang ilmu yang sesuai dengan minatmu

Biar kamu gak dicap sebagai ‘Sarjana Kertas’, kuasai bidang ilmu yang kuasai sesuai dengan jurusan kuliah yang kamu pilih. Jangan karena merasa aman sudah punya ‘kertas sakti’, kamu mengabaikan kemampuan sendiri mengenai satu bidang ilmu tertentu. Kalau kamu sudah menguasai ilmunya, maka orang-orang tak akan meremehkanmu dengan sebutan mahasiswa pengejar ijazah.

2. Jangan pernah berhenti belajar

Yup, ‘tiada hari tanpa belajar’ merupakan perilaku yang wajib dimiliki oleh setiap orang meski sudah lulus pendidikan sekalipun. Belajar dengan tekun artinya kamu mengisi otak dan pikiran kamu dengan hal-hal bermanfaat dan berguna. Pada waktu yang tepat, hasil dari pembelajaran tersebut akan terpakai dan bisa diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Baca Juga : 5 Pertimbangan Mahasiswa dalam Memilih Lokasi KKN, Ada Pengalamanmu? 

3. Tingkatkan keterampilan dan kerja keras

Tak hanya mengisi otak dengan berbagai ilmu, kamu juga perlu mengasah kemampuan dengan meningkatkan keterampilan dan kerja keras. Seseorang yang memiliki keahlian tertentu biasanya akan memiliki kecakapan luar biasa yang membuatnya terhindar dari predikat ‘Sarjana Kertas’. Ditunjang dengan kerja keras, kemampuan yang kamu miliki pada saat yang tepat akan membuahkan hasil yang maksimal.

4. Memiliki kapasitas untuk selalu berbuat kebaikan

Meski tak berhubungan langsung, kamu juga perlu meningkatkan kesadaran untuk selalu berbuat kebaikan. Sebutan ‘Sarjana Kertas’ tak akan kamu dengar ketika kamu sudah menerapkan prinsip-prinsip kebaikan selama menempuh pendidikan di perguruan tinggi. Meski hasilnya jauh dari bayangan yang kamu harapkan, paling tidak kamu sudah bisa bisa memilih jalan lurus dengan terus berbuat kebaikan. Baca Juga :5 Stereotip Anak Jurusan Desain, Cuma Gambar Doang?

5. Aplikasikan ilmu yang sudah dipelajari di kampus dalam kehidupan nyata

Nah, ini nih yang harus kamu perhatikan agar tidak terus-menerus dijuluki sebagai ‘Sarjana Kertas’ ketika lulus kuliah. Jangan menunggu waktu lama, segera lakukan aksi dengan mengaplikasikan ilmu yang sudah kamu pelajari di kampus dalam kehidupan nyata. Orang akan melihat aksi luar biasamu dengan kegiatan-kegiatan produktif sehingga anggapan ‘Sarjana Kertas’ tak akan masuk dalam pikiran orang-orang di lingkungan terdekatmu. Dengan menerapkan beberapa tips di atas, dijamin kamu gak akan lagi dicap sebagai si ‘Sarjana Kertas’.     Sumber : Idntimes.com

Komentar