Hai Sobat ICampus! Kamu pernah merasa sepanjang hari bener-bener loyo dan gak semangat beraktivitas? Mau berangkat kerja atau sekolah kayaknya lemes banget padahal gak ada hal yang membuat sedih dan  semalam pun rasanya tidur dengan cukup. Kamu tahu? Sebenarnya, perasaan gak semangat ini biasanya muncul karena ada yang salah dalam rutinitas kita sebelum atau setelah bangun tidur. Seluruh rangkaian rutinitas itu akan sangat berpengaruh pada mood-mu di pagi hari. Gak mau, dong pagimu rusak cuma gara-gara ada yang terlewatkan? Nah, biar kamu semangat lagi yuk kita lakukan kegiatan ini!

1. Tidurlah 7 sampai 9 jam setiap malam, tidak kurang ataupun lebih

Tidur dengan rentang waktu 7 sampai 9 jam setiap hari dapat membantumu untuk bangun dengan menyenangkan tanpa bantuan alarm. Yap, bangun karena bunyi alarm sebenarnya awal yang kurang baik karena tubuhmu dikejutkan dengan suara yang begitu keras secara otomatis kamu bangun dengan perasaan yang kurang enak. Beda halnya jika kamu bangun dengan sendirinya karena sudah tidur dengan cukup. Perlu diingat, ya, tidur lebih dari 9 jam pun gak baik lho. Biasanya kamu akan merasa lemas seharian karena tidur yang berlebihan. Baca Juga : 5 Hal yang Harus Kamu Ingat Soal Etika dalam Kehidupan

2. Alokasikan 30 menit untuk melakukan aktivitas sesuai passion atau minatmu

Apa yang kamu lakukan setelah bangun tidur? Ambil smartphone dan cek media sosial? Aktivitas seperti kebanyakan orang ini dapat menyerap energi kreatif dalam dirimu. Jika kamu memiliki passion atau minat terhadap satu hal, cobalah untuk mengalokasikan 30 menit dari pagi harimu untuk melakukannya. Kegiatan ini bisa juga disebut me time sebelum melakukan aktivitas lainnya di pagi hari.

3. Jangan asal sarapan, mulailah dengan makanan yang sehat

Ini salah satu kunci penting agar pagi harimu lebih bersemangat. Sarapan adalah kegiatan rutin yang tidak boleh kamu skip dari daftar rutinitas pagi. Begitupun saat sarapan, perhatikanlah komposisi karbo dan seratnya jangan hanya asal kenyang. Sebenarnya, sarapan dengan roti isi dan buah, semangkuk sereal dan buah, atau oatmeal adalah sarapan yang ideal. Makan yang terlalu kenyang saat sarapan hanya akan membuatmu terasa lemas bahkan mengantuk saat harus bekerja atau belajar. Baca Juga : 5 Pertimbangan Mahasiswa dalam Memilih Lokasi KKN, Ada Pengalamanmu?

4. Bacalah berita terkini atau artikel-artikel yang membuatmu semakin bersemangat

Kamu bisa membaca berita selama 10 menit aja sebelum melakukan aktivitas pagi lainnya. Sambil sarapan, kamu bisa lho menyempatkan diri untuk membuka berbagai portal berita atau artikel kekinian seperti situs IDN Times. Kegiatan ini bikin kamu lebih up-to-date dengan isu terkini dan gak “roaming” saat ngobrol dengan teman-temanmu.

5. Menyeduh secangkir kopi atau teh sebelum mulai bekerja atau beraktivitas

Datanglah lebih awal ke tempat kerja agar kamu bisa sejenak beristirahat dan rileksasi dengan secangkir kopi atau teh. Walaupun sepele, aktivitas ini sangat menyenangkan sebelum kamu berhadapan dengan berbagai dokumen atau klien. Nikmati waktu rileksasi ini dan kamu sudah siap untuk memulai pekerjaanmu dengan penuh energi. Yuk, mulai sekarang biasakan diri melakukan aktivitas yang lebih produktif setelah bangun tidur sebelum memulai kegiatanmu. Semua harus pakai tekad kuat. Ayo, semangat!     Sumber : Idntimes.com  

Komentar