Hai Sobat ICampus! Siapa yang setuju kalau kuliah adalah masa-masa yang paling nggak bisa dilupain. Mulai serunya jadi mahasiswa baru sampai ribetnya skripsian. Apalagi kalau kamu ternyata adalah mahasiswa fakultas atau jurusan Teknik. Duh, nggak bisa kebayang serunya ngabisin waktu 4 tahun kuliah. Sebagai anak Teknik abis, selama kuliah kamu pasti akan merasakan suka duka berikut ini. Anak fakultas atau jurusan lain mana paham. Baca yuk, sekaligus nostalgia. Tapi ingat, nggak tanggung ya abis baca ini kamu jadi senyum-senyum sendiri karena saking relate-nya.

1. Orientasi mahasiswa barunya paling berat dari fakultas lain

Sudah rahasia umum kalau orientasi mahasiswa baru di fakultas atau jurusan teknik itu memang paling berat ketimbang lainnya. Mana lagi kakak-kakak tingkatnya biasa tegas banget. Tapi jangan keburu ciut, orientasi yang nampak berat ini sebenarnya dilakukan bukan tanpa alasan. Mahasiswa teknik memang dituntut bisa kuat baik mental dan fisiknya, karena disaat sudah lulus dan masuk ke dunia kerja itulah yang diperlukan. Orientasi yang berat memang dilakukan untuk mempersiapkan mahasiswa baru agar lebih siap mendapat tugas yang banyak selama kuliah dan juga praktikum yang kadang kalau dirasa-rasa nggak ada habisnya. Baca Juga : Mau Kuliah Gratis ke Belanda? 5 Beasiswa Full Ini Wajib Kamu Coba

2. Meski orientasinya berat, justru inilah yang bikin mahasiswa teknik itu solid

Orientasi berat, tugas yang udah ngalah-ngalahin skripsi sampai kakak tingkat yang tegas adalah hal yang justru pada akhirnya bikin mahasiswa teknik itu solid. Di mana aja, mahasiswa teknik itu memang terkenal paling solid, apalagi kalau masalah tugas dari dosen dan membela kawan-kawan sejurusan. Uniknya kesolidan mahasiswa teknik itu juga terjadi sama dosen dan staf-staf juga, karena rasa persaudaraan yang amat tinggi. Sama seperti kekompakan yang ditunjukkan oleh Fakultas Teknik Universitas Katolik Parahyangan (UNPAR), Bandung. Sudah 59 berdiri, fakultas ini terus bergerak maju untuk menjaga kesolidan dengan cara mensinergikan kualitas pendidikan termasuk mahasiswa, dosen dan staf; kerjasama antar lembaga dan perusahaan agar Fakultas Teknik UNPAR mampu menjaga kebutuhan masa kini di pasar global. Oh ya sekadar informasi nih guys, Fakultas Teknik UNPAR merayakan kegiatan Orasio Dies ke-59 pada bulan November. Tentu, ini bukan umur yang nggak pendek, apalagi ini merupakan perjalanan yang cukup panjang bagi sebuah fakultas. Apalagi, fakultas ini sudah dikenal baik lho di masyarakat luas. Keren ya!

3. Mahasiswinya bisa dihitung jari, tapi kerap diperlakukan layaknya permata lho!

Selain dua poin di atas, mahasiswa teknik itu udah biasa jarang punya teman cewek. Pasalnya, fakultas atau jurusan teknik itu memang peminatnya kebanyakan cowok daripada cewek. Palingan dalam satu angkatan, mahasiswinya bisa dihitung pakai jari. Karena dikitnya makhluk berjenis kelamin perempuan di teknik, biasanya kalau dalam satu angkatan ada 1 aja mahasiswi maka udah pasti bakal dijagain layaknya putri. Kemana-mana pasti kayak lagi dijagain bodyguard. Seru! Baca Juga : 5 Dampak Negatif Ketika Kamu Cuek dengan Tugas Kuliah, Berbahaya Loh! 

4. Nggak ribetin penampilan, mahasiswa teknik selalu ‘santuy’

Dibanding jurusan atau fakultas lain, mahasiswa teknik memang bisa dibilang paling santuy masalah penampilan. Ke kampus biasa mereka juga pakai jeans, kaos atau polo shirt dan jaket atau kemeja angkatan. Meski dari luar penampilan urakan, tapi aslinya mahasiswa teknik itu adalah orang yang kerja keras dan nggak gampang nyerah. Bayangin aja, tugas dan praktikum seabrek bisa diselesaiin kok.

5. Sering dikira tempat kuliahnya tukang bangunan

Anak teknik itu juga udah biasa banget disangka kuliah jadi tukang bangunan. Karena memang, selama ini gambaran teknik di kepala orang-orang awam adalah soal membangun gedung dan mengaduk semen. Padahal nih, kalau mau dijabarin sih teknik itu bukan cuma soal bangun-bangun gedung dan aduk-aduk semen aja. Ada banyak cabang dari ilmu teknik dan saat ini jurusan untuk ilmu teknik juga udah banyak. Mulai teknik sipil, teknik elektro, teknik informatika, teknik mesin, teknik kimia, teknik industri dan masih banyak lagi.     Sumber : Idntimes.com

Komentar