Hai Sobat ICampus! Sejak dulu, tidur dikenal cara ampuh untuk menjaga produktivitas dan kinerja otak. Tapi harus diakui jika gaya hidup masa kini dan tingkat kemacetan yang tinggi membuat waktu tidur kita jadi berkurang. Akibatnya kita lelah dan mengantuk di keesokan harinya. Lebih gawat lagi, kita harus lembur hingga malam dan datang ke rapat penting di pagi harinya. Jika sudah begini, rasa kantuk akan menjadi hal yang dilarang. Lantas apa yang harus dilakukan untuk mencegah rasa kantuk?

1. Mengenal jadwal tidurmu

Dokter jaga yang sering tidur dalam waktu 5 jam saja, tapi tetap segar saat bekerja. Apakah dia seorang robot yang tidak pernah mengantuk? Tentu saja tidak. Dia hanya sudah memahami siklus tidurnya. Kurang tidur tidak akan membuat lelah atau ngantuk jika memahami siklus tidur yang kita alami. Karena biasanya lelah terjadi ketika kita terbangun saat siklus tidur masih berjalan. Nah, sayangnya setiap orang mempunyai siklus tidur yang berbeda. Jadi temukanlah siklus tidurmu sesegera mungkin dengan menggunakan beberapa aplikasi sleep cycle yang ada di ponsel pintar.

2. Menikmati sinar matahari pagi

Sinar matahari pagi bermanfaat untuk kesehatan karena kandungan vitamin D yang tinggi. Gak hanya itu, perubahan mood yang baik juga bisa terjadi karena hal ini. Perasaan optimis dan otak yang terstimulus oleh matahari pagi mampu meningkatkan semangat kita saat bekerja. So, jangan ragu lagi untuk bangun pagi meskipun tidurmu kurang ya. Baca Juga : 5 Hal yang Wajib Kamu Perhatikan sebelum Pilih Kuliah Online

3. Jangan terlalu mengandalkan kopi

Secangkir kopi di pagi hari bisa menjadi energi tambahanmu, namun tidak untuk cangkir kopi selanjutnya. Minum bercangkir-cangkir kopi malah akan membuatmu dehidrasi dan menambah rasa lelah. Sebaiknya ganti asupan kafein dengan minum air putih atau jus buah tanpa gula.

4. Jaga cairan dalam tubuh

Seringkali kita melamun dan tetiba linglung mau berbuat apa ketika berada di kantor. Alhasil kita menyalahkan tekanan kerja yang sangat berat karena hal ini. Padahal salah satu penyebabnya adalah kekurangan cairan dalam tubuh. cairan ini sangatlah penting untuk membuat pikiran tetap fokus dan bekerja dengan baik. Jadi jangan lupa minum ya guys.

5. Ngemil camilan sehat

Ngemil bisa membuat rasa kantuk hilang lho. Walaupun kecil, nyatanya camilan sehat ampuh untuk mengisi ulang energimu. Oiya, jangan pilih camilan berat seperti roti yang bisa membuatmu mengantuk. Lebih baik kamu memilih camilan sehat seperti yogurt, buah-buahan, atau granola bar. Baca Juga : 5 Cara Memotivasi Diri untuk Tetap Semangat & Passionate Saat Kerja

6. Shutdown laptop dan keluarlah

Terlalu lama duduk bisa membuatmu mudah lelah. Tak ada salahnya setiap dua jam sekali sisihkan waktu 10 menit untuk beristirahat. Shutdown laptopmu dan keluarlah dari ruangan sebentar saja. Pergilah ke taman atau tempat istirahat di kantor. Pandangilah pepohonan dan nikmati semilir angin. Rasa lelahmu akan hilang dan bersiap untuk kerja lagi.

7. Mandi air hangat dan air dingin

Dari sebuah studi, air hangat akan membuatmu rileks tapi air dingin akan membuatmu lebih kuat. Jadi mulailah mandi air hangat dan dingin di pagi hari. Jadi setelah kamu membersihkan dirimu. Siram air hangat ke seluruh tubuhmu, kemudian siram dirimu dengan air dingin. Cara mandi seperti ini ampuh menghilangkan rasa malas lho. Bagaimana pun cara instan untuk membuatmu gak ngantuk, tidur tetap pilihan terbaik untuk mengisi ulang energimu guys. Jadi jangan terlalu sering begadang dan tetap jalani gaya hidup yang sehat ya.     Sumber : Idntimes.com

Komentar