Hai Sobat ICampus! Kita semua pernah mengalami saat-saat dimana mulai melupakan ulang tahun seseorang atau melupakan letak dimana kacamata berada. Dengan bertambahnya usia, penyimpangan ini akan menjadi terlalu sering dan bukan hal yang tidak mungkin jika kita dapat melewatkan hal-hal yang penting. Menjaga otak tetap sehat dan memberi makan pada diri sendri dengan diet yang tepat dapat membentuk perkembangan pikiran untuk tetap tajam. Untuk ini ada beberapa tips untuk menjaga otak tetap tajam. Yuk simak artikel dibawah ini!

1. Punya tujuan dalam hidup

Ketika kita memiliki tujuan yang kuat dalam hidup dan alasan untuk melakukan sesuatu yang penting dalam hidup, hal itu akan berkontribusi pada pikiran yang akan membuat pikiran kita tetap fokus pada tujuan tersebut. Kita memiliki kemampuan untuk belajar dan mempraktikkan hal-hal baru dalam kehidupan yang bisa saja menambah perkembangan otak dan juga pikiran kita agar lebih baik.

2. Selalu siap untuk belajar hal baru

Banyak orang-orang ahli yang berpikir bahwa jika kita memanjakan otak dalam belajar, hal itu dapat membuat pikiran tajam dan secara tidak langsung akan membuat kita aktif secara mental, Cobalah untuk menantang otak dengan latihan mental dan persiapkan pikiran untuk tantangan-tantangan baru selanjutnya. Melibatkan otak dalam mempelajari keterampilan yang baru akan membuat pikiran kita aktif dan siap untuk kerja keras di masa yang akan datang. Baca Juga : Sering Gak Sadar, Ini Lho 5 Kebiasaan Sepele yang Menghambat Impianmu

3. Tetap Bahagia

Jika kita dapat mempraktikkan emosi positif, kita akan tetap selalu bahagia. Selain itu, akan lebih baik juga untuk kesehatan otak kita. Kapan pun jika kita memliki waktu yang buruk, cobalah mulai untuk memikirkan saat-saat dikala kita bahagia. Hal ini akan membantu otak kita unutk menurunkan tingkat stres dan mengambangkan pikiran yang tajam.

4. Tenangkan diri

Percayalah pada diri sendiri dan cobalah untuk tidak terlalu keras pada diri sendiri. Hal itu hanya akan memperburuk situasi bagi diri sendiri. Jika kita mulai panak dalam sebuah situasi, kita hanya akan memperumit hal-hal untuk diri sendiri dan bukan hal yang tidak mungkin kita akan kehilangan akal. Cobalah untuk lebih berhati-hati!

5. Tingkatkan Kinerja Otak

Cobalah untuk memberikan beberapa tantangan pada otak kita dan mengujinya dari waktu ke waktu dengan mengingat kembali apa yang telah dipelajari sebelumnya.Tantang juga kreativitas dan siapkan pikiran kita untuk setiap tantangan serampangan yang mungkin kita hadapi di masa depan. Kita akan mendapatkan banyak manfaat jika kita dapat mempraktikkan tips ini bahkan dapat menjadikannya sebagai bagian dari rutinitas. Baca Juga : 5 Hal Sederhana Ini Penting untuk Kamu Jadikan Resolusi di Tahun Baru 

6. Jadikan tidur siang sebagai rutinitas

Tidur siang dalam beberapa menit dapat meningkatkan daya ingat dan membuat pikiran kita lebih tajam. Ini akan membantu otak untuk lebih rileks dan yang paling penting itu sangat efektif ketika kita terus menggunakan energi otak. Cobalah untuk tidur siang secara rutin!

7. Lepaskan Stress

Hal yang terpenting dari semuanya adalah menjauh sejauh mungkin dari stres. Hal tersebut tidak hanya dapat merusak otak kita tetapi juga dapat mengurangi kapasitas kita untuk membuat keputusan untuk diri sendiri. Ini akan menurunkan kekuatan otak untuk berpikir dengan benar. Cobalah untuk melibatkan diri dalam kegiatan yang menyehatkan seperti meditasi untuk mengurangi respon stres. Itulah hal-hal yang bisa dilakukan untuk menjaga otak tetap sehat dan meningkatkan kinerja otak kita agar pikiran tetap tajam, selamat mencoba!         Sumber : Idntimes.com

Komentar