Hai Sobat ICampus! Setiap manusia tidak bisa memahami semua hal dalam hidupnya. Untuk itu, manusia perlu saling bertukar pikiran agar bisa mengomunikasikan beragam jalan pikirannya. Ide yang dipendam sendiri dan tidak dikolaborasikan dengan ide orang lain, maka bisa jadi hanya mentok sebagai ide yang kurang berdampak. Oleh sebab itu, kamu juga harus meluapkan idemu lewat bertukar pikiran dengan seseorang agar kamu bisa merasakan lima manfaat berikut.

1. Membuatmu lebih menghargai pendapat orang lain

Dengan bertukar pikiran kamu bisa memahami cara pandang orang lain yang berbeda denganmu. So, kamu jadi mulai paham bahwa gak ada manusia yang punya jalan pikiran seratus persen sama dengan dirimu. Kamu jadi lebih bisa menghargai cara pandang seseorang. Karena kamu sadar bahwa dirimu dan orang lain bukan orang yang memiliki isi kepala yang sama persis. Baca Juga : Selamat! Ini 6 Tanda Kalau Kamu Sudah Memilih Jurusan yang Tepat

2. Menekan ego ingin menang sendiri

Dari berbagai pendapat tiap orang yang berbeda-beda, kamu jadi tahu bahwa isi hati dan pikiran manusia tidak bisa dipaksakan sesuai keinginanmu. Egomu pun perlahan mulai dikesampingkan. Karena belum tentu semua pendapatmu yang paling benar dan baik. Bisa jadi dari orang lain kamu mendapatkan pendapat yang jauh lebih berkualitas.

3. Memberi peluang jalan keluar atau solusi yang lebih baik

Ketika pikiranmu sudah buntu maka tidak seharusnya kamu memaksakan pikiranmu bekerja keras untuk mencari jalan keluar atau solusi masalahmu. Yang sebaiknya kamu lakukan adalah mencari orang yang bisa kamu ajak diskusi dan bertukar pikiran. Jadi, pikiranmu bisa lebih terbuka dan kamu gak perlu repot-repot lagi memikirkan sendiri semua hal yang padahal sulit kamu selesaikan. Baca Juga : 5 Kebiasaan Setiap Hari yang Bisa Merusak Otak, Sudah Tahu? 

4. Mendapatkan inspirasi yang bervariasi

Setiap manusia tidak bisa menguasai semua bidang dalam kehidupan. Oleh karena itu, manusia punya kemampuan dan keahlian yang berbeda. Pun, manusia memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Dengan saling bertukar pikiran, maka akan muncul inspirasi-inspirasi baru yang lebih bervariasi. Karena adanya masukan dari orang lain yang memiliki perbedaan dengan diri kita.

5. Melatih sikap peduli dan bertanggung jawab

Berbagi isi pikiran secara tidak langsung juga melatih sikap kepedulianmu terhadap cara pandang orang lain. Karena ketika kamu mendengar dan menyimak pendapat yang disampaikan lawan bicaramu, kamu sedang berusaha memberikan perhatian dan kepedulian kepadanya. Selain itu, ketika giliranmu memberikan pendapat kamu juga terlatih untuk bersikap tanggung jawab dengan apa yang kamu katakan. Mulai sekarang, yuk biasakan dirimu untuk bertukar pikiran dengan seseorang. Karena terkadang inspirasi dan kebaikan itu harus dicari dari orang lain, bukan hanya digali dari dirimu sendiri.     Sumber : Idntimes.com

Komentar