Hai Sobat ICampus! Insecure merupakan kondisi di mana seseorang mengalami rasa tidak percaya diri. Biasanya kondisi tersebut muncul karena pengaruh fisik yang kurang dibandingkan orang di sekelilingnya. Insecure yang muncul akan membuat diri merasa canggung dan tidak aman. Semakin dirasa canggung, maka semakin hilang pula rasa kepercayaan diri tersebut. Insecure dapat dihindari dan dilawan. Semua bergantung pada kemauan diri sendiri dan kondisi lingkungan yang baik. Berikut lima tips lawan insecure yang ada pada diri sendiri.

1. Mengakui kekurangan pada diri sendiri

Tahap yang pertama yang bisa kamu coba lakukan adalah mengakui kekurangan yang ada pada dirimu sendiri. Ambillah cermin dan katakanlah semua kekuranganmu. Dengan mengakui kekuranganmu, kamu akan mengurangi rasa iri hati atau cemburu kepada orang lain.

2. Hadapilah ketakutan dengan melihat diri lebih jauh

Setiap manusia tentu memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Pengalaman masa lalu yang membuatmu merasa rendah diri, harus kamu lawan. Lihatlah dirimu lebih jauh dan mulailah membuat perubahan kecil yang berbeda. Baca Juga : 5 Kebiasaan Setiap Hari yang Bisa Merusak Otak, Sudah Tahu?

3. Hiduplah dengan orang terdekat yang membuat nyaman

Jika faktor lingkungan yang membuat dirimu merasa insecure, maka beralihlah ke orang-orang terdekat yang membuatmu nyaman dan tenang. Pilihlah teman yang menerimamu apa adanya dan membuatmu lebih percaya diri di dekatnya. Yakin saja bahwa tidak semua orang di dunia ini akan mencibirmu. Masih ada orang yang menyayangimu dengan tulus, seperti orangtua. Baca Juga : Selamat! Ini 6 Tanda Kalau Kamu Sudah Memilih Jurusan yang Tepat 

4. Cobalah mengikuti kegiatan sosial yang membangun rasa percaya diri

nsecure dapat dilawan dengan cara memupuk rasa percaya diri. Percaya bahwa kita mampu, percaya bahwa masih ada yang menyayangi kita, dan percaya bahwa kita berbeda dari yang lain. Mencoba berinteraksi kembali dengan bergabung di kegiatan-kegiatan sosial juga dapat membantu membangun kembali rasa percaya dirimu.

5. Fokuslah pada kualitas batin

Fokuslah pada kualitas batin yang ada pada diri sendiri. Karakter yang baik, ketulusan kepada orang lain, atau nilai bagus yang ada pada dirimu. Bukan selalu melihat dari sisi penampilan luar saja atau dari seberapa banyak orang yang menyukaimu. Bangunlah sisi baik yang kamu miliki. Dari situlah kamu bisa bersinar menjadi diri sendiri. Itulah lima tips sederhana mengatasi insecure yang timbul dari dalam diri sendiri. Percaya diri dapat dipupuk dari rasa cinta yang kamu berikan terhadap diri sendiri.     Sumber : Idtimes.com

Komentar