Hai Sobat ICampus! Setiap manusia tentunya pernah mendapatkan cobaan. Dari setiap cobaan yang pernah kamu alami, sikap apa saja yang sudah kamu lakukan? Apa kamu sudah merenungi beberapa hal dari setiap cobaan dalam hidupmu? Mungkin saja, kamu lupa untuk merenungi lima hal di bawah ini! Simak yuk!

1. Cobaanmu belum seberapa dari cobaan orang lain

Jika kamu beranggapan bahwa cobaan hidupmu paling berat hingga membuat hatimu sempit dan putus asa, ada baiknya kamu membuang jauh-jauh anggapanmu tersebut. Ingat, kalau kamu bukan satu-satunya orang yang punya beban dan masalah hidup. Setiap orang pasti mengalami ujian maupun cobaan dalam hidupnya. Bahkan, cobaan orang lain terkadang jauh lebih berat. Hanya saja, kita terkadang terlalu banyak mengeluh tanpa mau melihat bahwa masih ada orang lain yang hidupnya lebih sulit dibandingkan kita.

2. Selalu ada hikmah dari setiap cobaan

Cobaan dan pelajaran selalu sejalan. Namun, terkadang kita begitu abai dan lupa untuk mengambil hikmah dari setiap permasalahan hidup. Jika dilihat, sebenarnya gak ada cobaan yang gak memiliki nilai pelajaran. Sekecil apa pun masalah atau cobaan pasti selalu ada sesuatu yang bisa kamu petik sebagai wejangan hidup. Baca Juga : Mau Diterima Beasiswa? Ini Hal Dasar yang Harus Kamu Punya!

3. Setiap cobaan yang sulit, selalu ada solusi yang mudah

Gak ada masalah yang gak punya solusi. Seberat apa pun cobaan yang menimpamu pasti akan ada jalan keluarnya yang begitu mudah. Tergantung pada dirimu mau bagaimana menyikapi ujian yang diberikan Tuhan kepadamu. Ada solusi yang sulit dan mudah, tinggal dirimu sendiri yang memilihnya. Intinya, jangan terburu-buru memvonis cobaan sebagai beban hidup yang menyusahkanmu.

4. Cobaan apa pun harus dihadapi dengan ikhlas, sabar dan bersyukur

Jangan karena satu masalah yang menimpamu kamu lupa untuk melihat kebaikan yang pernah kamu peroleh sebelumnya. Kamu harus paham bahwa semua orang punya jatah cobaannya masing-masing. Cobaanmu adalah bagian dari hidupmu yang harus kamu terima dengan ikhlas dan lapang dada. Pun, kamu harus bersabar menjalani cobaan hidupmu, karena setiap cobaan pasti akan ada akhirnya. Dan jangan lupa untuk tetap bersyukur, karena cobaanmu belum tentu lebih berat dari cobaan orang lain. Baca Juga : Inilah 5 Prospek Karir Menjanjikan bagi Para Lulusan Sastra Inggris

5. Teruslah mengevaluasi diri

Cobaan sejatinya adalah keadaan yang bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan kualitas diri. Jika kamu menyikapi cobaan dengan baik, maka cobaan malah berdampak positif untuk mendewasakan dirimu. Teruslah mengevaluasi dirimu agar kamu bisa berpikir tenang untuk memperbaiki atau menemukan solusi terbaik dari cobaan yang menimpamu. Itulah tadi lima hal yang patut kamu renungkan ketika mendapat cobaan. So, jangan terlalu cepat mengeluh apalagi berputus asa ya!     Sumber : Idntimes.com

Komentar