Hai Sobat ICampus! Memang benar bagi sebagian besar orang, kuliah itu merupakan impian yang harus diraih dengan kesungguhan dan kerja keras. Tak sedikit, yang memutuskan untuk kuliah sambil bekerja karena tak punya cukup biaya jika harus mengandalkan orang tua. Jika dilihat memang sulit dalam membagi waktu antara kuliah dan kerja, selain fisik yang harus selalu fit manajemen waktu pun benar benar harus diperhatikan karena tubuh harus konsentrasi kepada dua hal. Tapi hal itu bukanlah hal yang tak mungkin jika kamu memiliki 7 hal dibawah ini, sehingga kuliah dan kerja keduanya sukses untuk dijalani.

1. Jangan dijadikan beban, supaya kamu lebih mudah menjalaninya

Jangan menjadikan kuliah sambil kerja adalah sebuah beban. Pikirkan tentang masa depanmu yang gemilang, sehingga energi dan pikiran positif pun terpancar dalam dirimu. Percaya deh, dengan semangat yang membara, keduanya bisa mudah untuk kamu jalani.

2. Pantang menyerah

Memang sulit, namun bukan berarti kamu harus menyerah di tengah jalan. Hadapi semua kesulitan ini dengan pantang menyerah, sehingga kamu pun sadar jika kamu bisa menghadapi semuanya dengan baik. Baca Juga : 5 Tantangan Bagi Fresh Graduate yang Akan Bekerja di Startup

3. Kerja keras

Percayalah dengan kamu bekerja keras di waktu muda, maka kamu akan menjadi orang yang beruntung kelak. Kerja kerasmu takkan mengkhianati hasil kok.

4. Tak mengeluh

Dengan mengeluh, bukannya bebanmu berkurang malah justru bertambah. So, kurangi kebiasaan mengeluh ya karena emang gak berfaedah. Kamu boleh mengeluh asal dengan porsi yang secukupnya.

5. Mandiri

Mandiri di sini berarti kamu sudah tak mengandalkan orang tua lagi dalam urusan kuliah dan kehidupan sehari-harimu. Jika mungkin ongkos atau biaya membeli buku semuanya kamu tanggung sendiri. Baca Juga : Banyak Godaan, Ini 5 Hal yang Harus Dijaga Ketika Kuliah di Perantauan

6. Manajemen waktu

Karena kamu ekstra kerja keras, kamu harus bisa me-manage waktumu. Kamu harus disiplin kapan mengurus urusan kuliah dan kapan mengurus tentang pekerjaan. Manajemen disini artinya kamu juga harus bisa menjaga kesehatanmu karena otomatis hal ini butuh energi berlebih, so asupan makanan yang bergizi dan olahraga disela–sela waktu senggang bisa membuatmu tetap sehat.

7. Finansial yang terorganisir

Kamu sudah harus mengatur tentang keuanganmu. Jangan sampai uang untuk kuliah malah kamu pakai untuk hal lain. Finansial yang terorganisir akan menjadikanmu seseorang yang sukses untuk kedepannya. Sudah siap kuliah sambil bekerja? Terus semangat ya! Sumber : Idntimes.com

Komentar