Hai Sobat ICampus! Banyak potensi diri yang kamu punya tetapi semua itu tertutupi akibat sifat negatif dalam diri. Untuk itu potensi diri harus kamu asah terus karena dapat membuat diri kamu mudah untuk mencapai kesuksesan. Potensi diri tidak pantas untuk kamu tutupi dan 5 hal berikut ini yang dapat menutupi potensi diri serta harus segera dihindari. Hal-hal apa sajakah yang dapat menutupi potensi diri tersebut? Untuk mengetahui lebih lanjut, yuk simak ulasannya berikut ini!

1. Terlalu khawatir dengan pendapat orang Lain

Mendengarkan dan menerima saran serta kritik dari orang lain memanglah bukan menjadi hal yang salah, apalagi kritik dan saran tersebut ditujukan untuk membantu memperbaiki diri serta membantu mencapai tujuan. Namun, apabila kamu terus-menerus mencemaskan pendapat orang lain tentu saja tak akan pernah ada habisnya, bahkan hanya akan membuat dirimu menjadi takut untuk melangkah dan akhirnya kamu tidak mempunyai keberanian yang cukup untuk mengeksplorasi potensi dalam diri. Intinya, selama apa yang kamu inginkan dan lakukan adalah hal yang positif, janganlah pernah terlalu meencemaskan pendapat dari orang lain terhadap dirimu yang dapat menghalangi kamu untuk meraih impian. Komentar buruk dari orang lain tersebut, anggaplah sebagai lecutan dalam meraih impian. Baca Juga : 5 Tips Agar Tetap Percaya Diri Meski dalam Lingkungan Baru

2. Langsung merasa cepat puas

Pada dasarnya tak ada kata berhenti untuk belajar, apa pun profesi yang kamu miliki. Bukan hanya saja ilmu yang berkaitan dengan profesi atau kesukaanmu saja yang dapat kamu pelajari, melainkan semakin banyak hal baru yang kamu pelajari maka potensimu akan terus tergali, bahkan mungkin menemukan kemampuan baru. Ingat! Untuk jangan pernah mudah merasa puas, apalagi mengenai ilmu kehidupan yang akan meningkatkan kualitas hidupmu.

3. Perasaan minder

Perasaan minder biasanya muncul akibat adanya perasaan tidak mampu untuk melakukan sesuatu. Tentunya apabila dibiarkan, nantinya bisa membuat dirimu terus bersembunyi di zona nyaman dan menutup diri dari pengaruh lingkungan luar. Untuk menghilangkan rasa minder, cobalah buat curahkan waktu dan tenagamu untuk berusaha dan banyak belajar. Ubah mindset untuk berani mencoba, siapa tahu kemampuanmu akan berkembang pesat dan jauh lebih hebat. Baca Juga : 5 Manfaat Positif Bertukar Pikiran, Yuk Jangan Pendam Idemu Sendiri! 

4. Selalu punya alasan untuk berkata “tidak”

Terkadang, ketika melihat masalah di depan mata, kamu selalu punya beribu alasan untuk menyerah dari awal, yang disebabkan oleh berbagai faktor. Mulai dari takut untuk gagal, ketidakmampuan, hingga berbagai faktor lainnya yang membuatmu yakin akan sulitnya untuk menyelesaikan masalah tersebut. Cobalah untuk kalahkan ketakutanmu dan coba curahkan semua upaya yang kamu miliki, gali potensi untuk mendapatkan solusi terbaik. Jadikanlah setiap kesulitan yang kamu alami menjadi suatu sesi melatih diri untuk memunculkan potensi diri sepenuhnya.

5. Takut kegagalan

Takut akan kegagalan menjadi satu alasan utama mengapa banyak orang memilih untuk tinggal di zona nyaman dan membatalkan niat untuk mengejar impian. Pada akhirnya, kamu lebih memilih untuk jalan di tempat dan membiarkan potensimu tersembunyi. Apabila sesuatu tidak dapat berjalan sesuai rencana, tinggal bagaimana cara mengubah pandangamu melihatnya, apakah sebagai suatu kegagalan atau pelajaran. Sehingga, setelah menyadari jika pengalaman seburuk apa pun yang terjadi akan membuatmu lebih bijak dan kuat, maka otomatis pikiran negatif seperti takut gagal tidak akan muncul lagi. Nah, itu tadi ulasan mengenai 5 hal negatif yang wajib kamu hindari agar potensi diri hebat yang kamu miliki tidak akan tertutupi. Yuk, segera kalahkan tantangan terbesarmu dan munculkan potensi terbaikmu!       Sumber : Idntimes.com

Komentar