Hai Sobat ICampus! Kamu mungkin tertarik untuk kuliah ke luar negeri. Pendidikan berkualitas, universitas berkelas dunia, dan berbagai faktor lain bisa menjadi pendorong untuk bisa kuliah ke luar negeri. Untuk bisa kuliah ke luar negeri, banyak hal yang harus kamu persiapkan. Salah satu hal tersebut adalah dana yang diperlukan selama kuliah. Untuk menyiasatinya, kamu bisa mencari beasiswa. Yuk, simak beberapa alasan kenapa kamu harus mendapatkan beasiswa saat ingin kuliah ke luar negeri!

1. Bisa memenuhi kebutuhan finansial selama kuliah

Beasiswa bisa memberikanmu dukungan atau jaminan keuangan. Kamu pun gak perlu khawatir akan mengalami kekurangan dana selama kuliah nanti. Kamu hanya perlu fokus belajar. Meski begitu, ini tergantung pada sifat beasiswanya. Ada beasiswa yang bersifat penuh atau fully-funded, yaitu mendanai biaya kuliah sekaligus memberikan uang saku dan dana untuk kebutuhan lain, seperti tiket pesawat, asuransi kesehatan, settlement allowance, dana visa, dan lain-lain. Ada juga beasiswa yang bersifat parsial dan umumnya hanya mendanai uang kuliahnya saja. Baca Juga : Sering Gagal Fokus? 7 Tips Ini Menjaga Pikiran Tetap Tajam!

2. Gak merepotkan orangtua!

Beasiswa bisa mencukupi kebutuhan finansialmu, sehingga kamu pun gak akan merepotkan orang tua dari segi keuangan. Tentu kamu gak mau merepotkan orang tuamu lagi, kan?

3. Menjadi prestasi dan kebanggaan tersendiri

Beragam beasiswa ke luar negeri saat ini umumnya bersifat kompetitif. Kamu harus mengikuti seleksi yang begitu ketat karena persaingan dengan banyak pelamar lainnya. Kalau kamu berhasil lolos beasiswa tersebut, tentu hal ini bisa menjadi sebuah prestasi tersendiri buatmu. Baca Juga : Jangan Putus Asa, Ini 5 Hal yang Patut Direnungi Saat Mendapat Cobaan 

4. Selepas lulus nanti, peluangmu mendapatkan pekerjaan meningkat

Beasiswa yang kamu raih bisa memperindah CV kamu, apalagi kalau beasiswa tersebut tergolong prestisius. Pemberi kerja umumnya akan melihat kamu lebih unggul sehingga kamu pun akan lebih mudah mendapatkan pekerjaan.

5. Bisa berkesempatan networking dengan sesama penerima beasiswa

Sebagai penerima beasiswa, kamu tentu gak sendiri. Ada juga penerima beasiswa lainnya yang berasal dari berbagai institusi bahkan berbagai negara. Kamu bisa menjalin networking dengan penerima beasiswa lain. Nah, itulah tadi beberapa alasan kenapa kamu harus dapat beasiswa kalau mau kuliah ke luar negeri. Pasti kamu makin semangat dong mengejar beasiswa ke luar negeri?     Sumber : Idntimes.com

Komentar