Hai Sobat ICampus! Kini banyak para karyawan yang menyempatkan waktu pulang kerja untuk menuntut ilmu. Rasa lelah dan stres di kantor harus rela dikesampingkan agar tetap bisa fokus belajar. Meskipun seperti dikejar-kejar tuntutan yang tidak ada hentinya tapi semua perjuangan akan terbayar saat satu per satu pencapaian bisa terwujud. 

Supaya proses kuliah sambil bekerjanya semakin lancar, berikut ini ada tips cara belajar efektif yang bisa membantu kalian!

1. Gunakan sedikit waktu istirahat untuk mengulang pelajaran

Manejemen waktu adalah kunci dari keberhasilan mereka yang kuliah sambil bekerja. Contoh sederhananya bisa dengan cara menggunakan sedikit waktu istirahat untuk mengulang pelajaran. Pemahaman materi akan semakin mantap di luar kepala jika kita rajin mengulas kembali apa yang telah dipelajari. 

Baca Juga :  5 Kebiasaan Sepele Ini Ternyata Bisa Memicu Stres Lho, Waspadalah!

2. Jangan malas membaca buku pengetahuan

Karena orang yang kuliah sambil bekerja itu sudah mencicipi bagaimana pahit manisnya dunia kerja sebenarnya, maka seharusnya bisa lebih mudah menentukan jenis pengetahuan dan ilmu apa yang harus dikuasai.

Jika kamu merasa kurang terbantu dengan pelajaran di kelas maka jangan ragu untuk mencari referensi lain yang lebih relatable dengan bidang yang kalian sedang hadapi.

3. Ubah teori menjadi praktik sehari-hari

Apapun yang terbiasa kita coba secara nyata maka akan semakin mudah pula kita mengingatnya, benar gak? Karena itu lakukan teori menjadi praktik sehari-hari yang akhirnya menyadarkanmu tentang betapa berpengaruhnya ilmu yang dipelajari terhadap fungsi di dunia nyata. Kalau begini belajar pun jadi lebih asyik karena lebih hidup dan terasa efeknya. 

Baca Juga :  7 Pelajaran yang Pasti Kamu Dapat Saat Menghargai Arti Sebuah Proses

4. Terus memotivasi diri dan mencari inspirasi

Biar semangat membara ketika menjalani hari yang padat dengan kegiatan di kantor dan ujian di kampus, tenangkan diri dengan mencari inspirasi. Sebab memberi dukungan yang kuat juga sangat berpengaruh pada tingkat efektivitas kita dalam belajar lho. 

Yang paling menggerakan hati adalah dengan melihat orang yang telah sukses mencapai tujuan di jalur yang kini sedang kamu perjuangkan. Yakin lah bahwa kamu termasuk orang hebat yang bersedia belajar meskipun sudah bekerja.

5. Menikmati waktu belajar sebagai rutinitas menyenangkan

Menjalani kegiatan yang disukai pastinya tidak akan memberatkan hati. Para karyawan yang sedang berjuang mencari ilmu perlu menikmati proses belajar sebagai hal yang menyenangkan.  Bentuk tim penyemangat yang bisa membuatmu semakin ikhlas menjalani perjuangan yang mulia ini. 

Dengan niat yang bulat dan tekad maksimal, kuliah sambil bekerja akan lebih ringan untuk dijalani. Semoga kalian para pejuang tugas dan pematuh deadline kantor selalu bersemangat dan kuat ya menjalani rutinitas yang super padat.

Sumber : Idntimes.com

Komentar