Hai Sobat ICampus! Mungkin kamu beranggapan kalau beasiswa kuliah negeri hanya untuk si pintar saja. Memang gak sepenuhnya salah, tapi gak sepenuhnya benar juga. Siapa pun bisa dapat beasiswa ke luar negeri kok, asalkan punya modal beberapa hal berikut!

1. Niat atau motivasi yang kuat dan jelas

Hal mendasar yang wajib kamu punya untuk bisa tembus beasiswa ke luar negeri adalah niat atau motivasi. Kamu harus punya tujuan yang jelas mengapa kamu ingin kuliah ke luar negeri. Kamu juga harus punya tujuan mengenai pilihan negara, kampus, dan jurusan yang cocok dengan minat dan bakatmu, serta alasan kuat yang mendasarinya.

Dengan begitu, kamu akan lebih mudah dalam menyusun surat motivasi (motivation letter) yang umumnya digunakan sebagai syarat bahkan salah satu komponen penilaian beasiswa. Dengan niat dan motivasi yang kuat dan jelas, kamu juga akan bisa menjelaskan alasan kenapa kamu layak mendapatkan beasiswa di surat motivasimu.

Baca Juga :  5 Rekomendasi Beasiswa ke Luar Negeri yang Diadakan Tahun 2020

2. Pantang menyerah

Beasiswa kuliah ke luar negeri umumnya bersifat kompetitif. Semakin banyak orang yang mendaftar, semakin besar pula persaingan mendapatkan suatu beasiswa. Sebagai pemburu beasiswa, kamu pun harus berjiwa kompetitif. Dalam perjuangan mendapatkan beasiswa, gagal adalah hal yang biasa. Yang paling penting, jangan pernah takut gagal. Kalaupun gagal masih banyak kesempatan lain yang menantimu. Kamu harus bisa bangkit dan jangan pernah menyerah untuk terus mencoba.

3. Proaktif mencari informasi

Saat ini, ada banyak sekali pilihan beasiswa ke luar negeri. Kamu pun bisa memilih negara, kampus, dan universitas impianmu. Untungnya, informasi mengenai hal-hal tersebut sekarang bisa dengan mudah kamu akses dari internet, education fair, kampus, dan berbagai sumber sebagainya. Sifat proaktif gak hanya bisa membantu kamu menemukan negara, kampus, dan universitas di luar negeri, tapi juga bisa memperbesar peluang untuk lolos beasiswa.

4. Teliti

Untuk bisa lolos beasiswa ke luar negeri, kamu juga butuh ketelitian. Sifat telitimu akan berguna saat kamu mengecek surat motivasimu berulang-ulang. Kamu tentu harus memastikan apakah setiap grammar atau ejaan bahasa yang kamu tulis sudah benar atau masih perlu diperbaiki.

Baca Juga :  5 Pola yang Harus Kamu Jaga & Perhatikan Dalam Hidup, Penting!

5. Fokus

Ketika mengejar beasiswa, kamu dituntut untuk bisa fokus. Saat teman-temanmu yang lain sibuk main gak jelas kesana kemari, kamu justru sedang bersusah payah fokus mencari peluang beasiswa. Bikin CV dan surat motivasi semenarik mungkin, mencari Letter of Acceptance (LoA), mengejar skor bahasa Inggris setinggi-tingginya, persiapan belajar buat tes wawancara, dan lain-lain.

6. Bisa mengatur waktu dengan baik

Seorang pemburu beasiswa haruslah seseorang yang bisa mengatur waktunya dengan baik. Saat mencari beasiswa, kamu akan sibuk dengan berbagai persiapan sambil terus mempertimbangkan deadline dari setiap beasiswa yang ingin kamu lamar. Beberapa dokumen sebagai syarat untuk melamar beasiswa biasanya gak bisa kamu dapatkan dalam waktu singkat, misalnya sertifikat kemampuan bahasa Inggris, tes potensi akademik (TPA), atau surat rekomendasi dosen.

Ingat, pemberi beasiswa gak akan menunggu kamu siap dengan aplikasimu. Mereka punya jutaan aplikasi dari pelamar lain dan mungkin lebih keren dari punyamu. Jadi, kamu harus bisa mengatur waktu dengan baik supaya aplikasimu siap kirim saat deadline sudah tiba. 

7. Bisa menyusun strategi

Mengejar beasiswa tentu gak bisa asal daftar. Kamu perlu menyusun strategi yang tepat agar bisa lolos. Berbagai strategi bisa kamu siapkan saat melamar beasiswa, mulai dari pemilihan universitas atau jurusan di negara tertentu, membuat aplikasi yang sekiranya bisa menarik pemberi beasiswa, hingga berbagai rencana yang akan kamu lakukan saat tes wawancara berlangsung.

Nah, itulah tadi beberapa modal penting yang wajib kamu punya kalau mau lolos beasiswa ke luar negeri. Jadi, apa kamu sudah punya semua modal di atas?

Sumber : Idntimes.com

Komentar