Hai Sobat Info Beasiswa.ID! Pendidikan di Indonesia selalu menjadi sorotan publik dan pemerintah. Dulu, populasi mahasiswa di Indonesia tidak sebanyak saat ini. Menempuh pendidikan sampai jenjang SMA sudah cukup. Namun, persaingan dunia kerja yang semakin tinggi membuat orang-orang berlomba untuk masuk perguruan tinggi.

Setelah lulus SMA/sederajat, kamu akan dihadapkan pada pilihan lanjut kuliah atau bekerja. Jika kamu berencana untuk melanjutkan kuliah, persiapkan diri mulai sekarang agar tidak keteteran di akhir nanti.  Apa saja yang harus kamu persiapkan?

1. Niat yang kuat untuk melanjutkan kuliah

Poin ini yang paling utama harus kamu persiapkan, niat. Tanamkan dalam dirimu, dengan niat yang kuat ingin melanjutkan kuliah. Dengan niat yang kuat, sesulit apa pun rintangan yang kamu hadapi, pasti akan lebih mudah diselesaikan.

2. Pilih jurusan yang kamu suka

Tanyakan pada dirimu, bidang/jurusan apa yang ingin kamu perdalam. Kamu harus memilih jurusan yang kamu suka dan sangat ingin kamu perdalam. Dengan rasa penasaran itu, kamu akan lebih mudah menjalankan perkuliahanmu yang padat dengan tugas dan materi dari dosen, karena kamu menyukai apa yang kamu pelajari.

Kamu bisa evaluasi perjalanan SMA-mu, hal apa yang paling menarik bagimu untuk diperdalam. Hal ini juga akan lebih memudahkanmu di tingkat akhir nanti. Kamu akan tetap semangat mengerjakan tugas akhir atau skripsimu, karena kamu selalu tertarik ingin memperdalam bidangmu.

Baca Juga : Waspada, 5 Hal Ini Ternyata Bisa Jadi Sumber Stres!

3. Cari referensi terkait jurusan dan universitas yang kamu incar

Setelah kamu memilih jurusan yang akan kamu perdalam, cobalah untuk cari referensi jurusan tersebut. Kamu bisa cari di web, atau bertanya kepada kakak kelasmu yang kuliah di jurusan tersebut.

Cari referensi terkait universitas mana yang terdapat jurusan tersebut, bagaimana akreditasinya, jalur masuknya, biaya, dan lain-lainnya. Mulai cari-cari juga tips dan trik lolos SNMPTN/SBMPTN maupun jalur mandiri yang diadakan oleh Universitas. Persiapkan dari sekarang!

4. Setelah menjadi mahasiswa, teruslah belajar!

Setelah menjadi mahasiswa di jurusan tersebut, kamu tidak lantas merasa puas dan tidak mau belajar lagi. Teruslah belajar! Walaupun ternyata kamu tidak lolos di pilihan pertamamu, it’s okay! Itu tetap pilihanmu, so lanjutkan perjuanganmu, harus terus belajar!

Ingat! Belajar tidak hanya terpaut pada bangku perkuliahan. Kamu harus mencoba pengalaman-pengalaman baru lainnya seperti berorganisasi. Dengan begitu, kamu bisa semakin mengenal diri sendiri dan memiliki bekal pengalaman untuk masa depanmu.

Baca juga :  Bisa Tutupi Potensi Diri, Ini 5 Hal Negatif yang Wajib Kamu Hindari

5. Teruslah motivasi dirimu

Akan ada masanya kamu kuliah, kemudian merasakan kejenuhan. Itu hal yang sangat wajar. Namun, jangan biarkan rasa jenuh itu menguasai dirimu. Kamu harus bangkit dan semangat lagi. Cobalah untuk jalan-jalan dan refreshing ke tempat wisata bersama keluarga, teman maupun sendirian. Dengan jalan-jalan, semangatmu akan kembali lagi dan kamu akan lebih termotivasi lagi.

Kamu juga bisa memotivasi dirimu dengan mengingat tujuan awal kamu kuliah di jurusan tersebut. Atau, kamu juga bisa menggunakan orang lain sebagai motivasimu, seperti keluarga, sahabat, dan pasanganmu.

6. Berhemat untuk masa depan

Di tempat perantauan, kamu akan merasa bebas karena jauh dari orang tua. Kamu justru bisa lebih belajar untuk mengatur dirimu sendiri. Aturlah pengeluaranmu sedemikian rupa, jangan boros! Lebih baik kamu menabung uangmu untuk bisa dipergunakan di lain waktu dengan keperluan yang lebih penting.

Jangan terlalu sering makan di tempat tongkrongan atau café. Kamu harus membiasakan diri untuk memasak makananmu, minimal masak nasi. Meskipun kamu mengeluarkan uang sedikit untuk sekali makan, jika hal itu dilakukan selama satu tahun, maka pengeluaranmu hanya untuk makan sangat banyak.

Kamu juga bisa mulai menabung selama SMA untuk kebutuhan di awal kuliahmu, karena itu akan membutuhkan modal yang tidak sedikit. Banyak perlengkapan yang harus kamu beli di awal perkuliahan, apalagi kalau ada ospek dan praktik lapangan.

Semangat! Terus pupuk semangat dan murnikan niatmu untuk berkuliah! Have a great day!

Sumber : Idntimes.com

Komentar