Hai Sobat Info Beasiswa.ID! Dalam beberapa kesempatan kamu mendapati semangatmu dalam bekerja menjadi menurun. Dan tentunya membuat kinerjamu tak seaktif dan tak bergairah seperti biasa. Kamu menjadi kehilangan minat serta merasa jenuh pada kondisi di tempatmu bekerja atau malah dengan pekerjaanmu sendiri. Hal itu bisa dikarenakan beberapa faktor, baik tugas yang tak ada hentinya menghujanimu atau lingkungan kerja yang monoton dan membosankan.

Nah, untuk mengatasi rasa semangatmu yang turun drastis. Kamu bisa ikuti lima tips di bawah ini untuk memantik semangatmu dalam bekerja supaya lebih produktif dan bahagia.

1. Ambil waktu cuti untuk liburan

Jika kamu belum pernah sama sekali mengambil izin cuti di tempatmu bekerja maka tak ada salahnya meminta pada atasan untuk kamu pakai pergi liburan. Kamu bisa pergi ke tempat yang menenangkan pikiran serta mampu me-recharge energimu agar menumbuhkan perasaan nyaman dan semangat.

Dengan berlibur kamu dapat mengganti kepenatan dengan rasa lega dan jauh lebih ringan. Sebab ketika liburan kamu tak perlu memikirkan bagaimana pekerjaanmu atau suasana tempat kerja yang hanya membuat mood-mu menjadi buruk. Kamu bisa pergi ke daerah pantai atau daratan tinggi yang memanjakan mata serta tubuh.

Baca Juga : 5 Tips Hack Bikin Presentasi Power Point yang Bagus dan Efektif

2. Pakai aromaterapi dan musik yang menenangkan untuk bantu meredakan stres

Kamu bisa mengisi bak mandimu dengan air hangat yang bisa meredakan dan merilekskan otot yang tegang karena terlalu penat dan lelah. Kamu bisa meredamkan diri atau membasuh tubuhmu sembari menghidupkan lilin aromaterapi yang punya aroma kesukaanmu.

Kamu juga bisa beristirahat sembari mendengarkan alunan musik yang tenang dan memejamkan mata sembari mengatur pernafasan agar segala jenis pikiran yang membebanimu bisa menghilang dan membantumu menaikkan mood.

3. Curhat pada sahabat untuk menghidupkan lagi semangat

Tak perlu ragu untuk curhat pada sahabatmu untuk sekadar berbagi keluh kesah dan beban pikiranmu selama ini. Sebab sahabatmu akan dengan senang hati mendengarkannya. Kamu bisa bertemu secara langsung atau bisa melalui pesan singkat. Ceritakan apa yang ingin kamu pendam dan mintalah saran padanya.

Sahabatmu akan dengan senang hati menyemangatimu dan memberimu saran terbaik dan akan menghiburmu agar bisa mengembalikan rasa semangatmu yang hilang.

Baca Juga :  Waspada! 6 Hal Ini Bisa Buat Manajemen Waktumu Berantakan

4. Menonton film motivasi tentang sulitnya hidup dan mendapat pekerjaan layak

Jika kamu punya waktu luang, tak ada salahnya menonton film dengan isi cerita yang pastinya menggugah hatimu yang sedang kehilangan semangat dalam bekerja. Kamu bisa menonton film yang berkaitan dengan tokoh yang berjuang dalam mencapai kesuksesan walau harus dihadapkan pada situasi yang kurang bersahabat.

Dari sana kamu bisa mengambil pesan yang bisa kamu pakai untuk pengingat saat sedang kehilangan semangat atau merasa malas bekerja. Bahwa sejatinya ciri orang sukses adalah sosok yang selalu termotivasi untuk lebih baik dari hari kemarin dalam tujuan mencapai keinginan serta keberhasilan.

5. Tulis beberapa keinginan ke dalam sebuah daftar

Bila semangatmu akhir-akhir ini tampak menurun, maka cobalah untuk menulis beberapa keinginanmu yang sangat ingin kamu wujudkan, bisa berupa barang atau benda. Dengan menulis beberapa daftar keinginanmu maka akan timbul percikan api dalam semangatmu. Karena motivasimu bekerja selain ingin berhasil dan mapan juga ingin segera mewujudkan keinginan dalam daftar yang telah kamu tulis.

Anggaplah dengan berusaha mewujudkan sesuatu yang kamu inginkan. Maka hasil nyata akan hasil kerja kerasmu akan terlihat dan bisa menjadi kebanggaanmu dan mampu membuatmu lebih giat lagi dalam bekerja.

Jangan berlarut-larut dalam rasa malas atau tak semangat bekerja. Kamu harus terus konsisten dalam mencapai keberhasilan karena sedikit bebatuan yang menghalangimu bukan artinya kamu harus berhenti lama namun terus berupaya melewatinya.

Sumber : Idntimes.com

Komentar