Hai Sobat Info Beasiswa.ID! Wawancara kerja merupakan salah satu rangkaian proses rekrutmen dalam mencari karyawan di suatu perusahaan. Biasanya wawancara merupakan tahap akhir proses seleksi calon karyawan. Namun meskipun kamu sangat membutuhkan sebuah pekerjaan baiknya kamu tetap waspada dan jangan lengah, apalagi saat wawancara kamu sering mendapatkan lima hal ini!

1. Sering terjadi re-schedule wawancara

Sering bergonta-ganti waktu wawancara tanpa alasan yang jelas sebenarnya mencerminkan perusahaan tersebut tidak disiplin. Jika proses wawancara saja sudah tidak tepat waktu maka kamu harus waspada karena bisa saja sistem perusahaan itu tidak berjalan baik bahkan cenderung amburadul.

Baca Juga : 5 Tips Hack Bikin Presentasi Power Point yang Bagus dan Efektif

2. Kurang dihargai

Perusahaan yang baik akan menghargai siapa pun termasuk calon karyawannya. Termasuk mengenai waktu wawancara, biasanya perusahaan yang disiplin selalu tepat waktu. Tetapi jika waktu wawancara tidak tepat waktu bahkan cenderung ngaret sampai berjam-jam lamanya maka di sini sebenarnya kamu kurang dihargai.

3. Kultur perusahaan kurang ramah

Suatu perusahaan yang baik biasanya selalu terlihat ramah saat melakukan wawancara kerja. Namun bila sang HRD terlihat ketus bahkan ucapannya seperti orang marah maka kamu harus waspada karena bisa saja kultur perusahaan tersebut kurang baik dan toksik. Bisa-bisa saat bekerja di sana kamu justru tidak akan merasa betah karena kondisi kulturnya.

Baca Juga : 6 Pesan Ini Khusus untuk Kamu yang Mau Melanjutkan Kuliah

4. Wawancara terkesan terburu-buru

Sebenarnya tujuan wawancara tersebut adalah lebih mengenal calon pelamar kerja dan mengetahui potensi pelamar tersebut. Namun ketika wawancara terkesan diburu-buru dan kurang kondusif maka kamu harus waspada. Karena ini menandakan perusahaan tersebut tidak terorganisir dengan baik. Apalagi jika esoknya kamu dinyatakan diterima namun hari itu juga harus langsung bekerja. Padahal kamu butuh persiapan apalagi jika kamu justru belum resign dari perusahaan lama.

5. Job desk masih tidak jelas

Jangan mau bekerja jika job desk yang diberikan saja tidak jelas dan kamu bahkan tidak tahu akan melakukan apa saat bekerja nanti. Bisa-bisa saat bekerja nanti kamu akan dilimpahkan pekerjaan yang bertubi-tubi bahkan di luar jam kerja. Kalau begini tentu kamu akan kewalahan dan pekerjaan itu di luar kemampuanmu.

Nah jangan buru-buru merasa senang sudah diterima kerja!

Sumber : Idntimes.com

Komentar