Hai Sobat Info Beasiswa.ID! Banyak sekali orang yang berpikir bahwa belajar hukum hanya membicarakan kejahatan, harta benda, dan lembaga-lembaga negara saja. Sayangnya pemikiran ini sama sekali tidak benar.

Banyak bidang-bidang hukum yang justru membuat kita terus berkeinginan untuk mengembangkannya atau bahkan menciptakan bidang hukum baru. Lantas apa saja bidang-bidang hukum itu?

1. Hukum Nuklir

Bidang hukum ini dibuat untuk mengatur perilaku manusia yang terlibat dalam kegiatan yang berkaitan dengan pemanfaatan energi nuklir. Ruang lingkup hukum nuklir mencakup keamanan, pembangunan berkelanjutan, tanggung jawab negara, kerja sama internasional, dan perdagangan internasional di bidang energi nuklir.

2. Hukum Kesehatan

Hukum kesehatan dikembangkan untuk menjamin praktik medis yang dilakukan oleh tenaga medis sesuai dengan etika, moral, dan nilai-nilai kemanusiaan. Selain itu juga hukum kesehatan hadir untuk memastikan bahwa hak-hak pasien telah terpenuhi, seperti hak untuk hidup, hak atas pengobatan yang tepat, dan hak atas kerahasiaan informasi diri.

Masalah-masalah yang sering dibahas disiplin ilmu ini adalah aborsi, kelalaian medis, eutanasia, dan terkait organ tubuh manusia.

3. Hukum Perang (Hukum Humaniter)

Jarang sekali masyarakat tahu bahwa dalam keadaan perang sekalipun tetap masih ada aturan hukum yang berlaku. Prinsip utama hukum perang adalah bahwa pihak yang tidak terlibat permusuhan harus tetap dilindungi dan menyerang warga sipil merupakan kejahatan perang.

Intinya hukum perang berupaya mencari titik tengah antara kepentingan militer dan nilai-nilai kemanusiaan selama masa konflik. Meskipun demikian seringkali pihak-pihak dalam konflik mengabaikan aturan yang berlaku sebagai hukum perang internasional.

Baca Juga : Lakukan 5 Hal Ini Agar Pendidikanmu di Tahun 2020 Menjadi Lebih Baik

4. Hukum Ruang Angkasa

Apakah hukum hanya berlaku di bumi? Ternyata tidak, hukum juga mengatur benda-benda yang berada di luar bumi termasuk di ruang angkasa. Hukum ruang angkasa merujuk pada semua norma hukum yang berlaku untuk eksplorasi dan penggunaan ruang angkasa.

Lebih lanjut hukum ruang angkasa membahas tentang pertanggungjawaban atas kerusakan yang disebabkan benda antariksa, penyelamatan astronaut, dan bahkan segala aktivitas yang dilakukan manusia di bulan.

5. Hukum Mitigasi Bencana (Disaster Law)

Hukum mitigasi bencana digunakan sebagai pedoman untuk mencegah, mengurangi, dan menanggulangi risiko bencana yang meliputi peringatan dini bencana, pembiayaan, pemberdayaan masyarakat, akuntabilitas, dan penetapan status bencana.

Ruang lingkup hukum mitigasi bencana mencakup kesiapan bencana global, manajemen krisis lingkungan, manajemen krisis kesehatan masyarakat, aspek sosial dan ekonomi, infrastruktur dan teknologi, pengambilan keputusan darurat, dan pemulihan individu terkena dampak.

Baca Juga : Tak Lagi Mager, 5 Tips Ampuh untuk Memantik Semangat Kerjamu Lagi

6. Hukum Perlindungan Hewan (Animal Law)

Sebagai salah satu makhluk hidup, hewan memiliki hak atas perlindungan yang layak dari kekejaman perbuatan manusia. Hukum perlindungan hewan mengatur semua masalah hukum yang berkaitan dengan faktor sosial dan biologis hewan, baik hewan konsumsi maupun hewan liar. Topik yang dibahas meliputi kekejaman terhadap hewan, hewan sebagai properti, klaim tentang hewan, dan masalah hukum yang melibatkan hewan untuk penelitian dan hiburan.

7. Hukum Pendidikan

Hukum pendidikan merujuk pada semua peraturan perundang-undangan dan berbagai kebijakan yang mengatur pendidikan dan penyelesaian perselisihan di lembaga pendidikan.

Bidang ini mencakup pengaturan kurikulum pengajaran, operasional dan administrasi lembaga pendidikan, standar pendidikan, sumber daya manusia, dan kesamaan hak untuk mengakses pendidikan.

Itu dia bidang-bidang hukum yang tentunya perlu kamu tahu. Ada bidang hukum lain lebih menarik?

Sumber : Idntimes.com

Komentar