Hai Sobat Info Beasiswa.ID! Setiap orang pasti memiliki pemikiran yang berbeda-beda dalam menyikapi masalah. Salah satu pemikiran yang bijaksana dalam menangani berbagai masalah adalah pemikiran yang terbuka. 

Pemikiran terbuka adalah pemikiran yang dapat menerima berbagai sudut pandangan dalam menangani masalah. Untuk dapat berpikir seperti itu, maka harus dilatih. Caranya dengan melakukan berbagai tips di bawah ini. 

1. Saling menghargai tentang perbedaan agama, budaya dan politik

Faktor penting untuk mendukungmu memiliki pemikiran yang terbuka adalah saling menghargai perbedaan yang ada seperti perbedaan agama, budaya, adat istiadat dan politik.

Saat kamu melihat teman atau kerabatmu yang memiliki perbedaan seperti ketiga hal tersebut, jangan langsung memberikan cap jelek dan menyoroti perilakunya. Anggaplah semuanya biasa-biasa saja dan hargai setiap perbedaan yang kamu temui. 

Baca Juga :  5 Alasan Kuat Mengapa Kamu Harus Rajin Baca Buku Filsafat

2. Banyak membaca dan menonton TV

Membaca banyak buku dapat membuat pengetahuanmu bertambah. Tidak hanya buku ilmiah saja, buku fiksi pun dapat memberikanmu pengetahuan tentang berbagai macam hal yang tidak kamu ketahui sebelumnya. 

Begitu pun dengan menonton TV, akan banyak sekali pengetahuan yang kamu dapatkan. Kamu juga akan memahami cara menyelesaikan berbagai sudut masalah dengan pengetahuan tersebut.

Ketika kamu masih merasa nyaman dengan posisi yang saat ini ada, cobalah mencari suasana baru. Kunjungi tempat yang belum pernah kamu datangi dan sapa beberapa orang yang kamu baru temui.

Menyapa mereka akan membuatmu memiliki teman baru. Kamu juga akan menjadi pribadi yang peka pada sekitar sehingga sikap ramah tamah kamu pada orang baru akan semakin terlatih. 

3. Keluar dari zona nyaman

Baca Juga : Tak Lagi Mager, 5 Tips Ampuh untuk Memantik Semangat Kerjamu Lagi

4. Miliki perkataan positif yang membangun

Sudah menjadi rahasia umum, bahwa orang yang memiliki pemikiran terbuka juga memiliki perkataan yang positif. Hidupnya tidak pernah merasa iri dan dengki pada kehidupan orang lain. Jika ada masalah hidup yang dialami, orang dengan pemikiran terbuka cenderung menanggapinya dengan positif dan selalu beribadah serta berdoa menurut keyakinannya masing-masing. 

5. Tidak menyimpulkan hal yang belum diketahui

Orang yang memiliki pemikiran terbuka cenderung menilai masalah dari berbagai sudut. Menyimpulkan masalah hanya dari satu sudut hanya dilakukan oleh mereka yang punya pemikiran sempit. Jadi, jika kamu ingin memiliki pemikiran yang terbuka, tanggapilah masalah dengan memikirkan sudut pandang yang berbeda-beda sehingga kamu dapat menyimpulkan dengan benar. 

Itulah lima cara untuk miliki pemikiran terbuka. Gimana, apa salah satunya sudah pernah kamu lakukan? 

Sumber : Idntimes.com

Komentar