Hai Sobat Info Beasiswa! Bertemu dengan orang yang individual dan cenderung sulit untuk bekerja sama memanglah sangat menyebalkan. Apalagi bertemu tipe orang tersebut di tempat kerja yang mana terdapat beberapa pekerjaan yang harus diselesaikan secara bersama dan membutuhkan kekompakan.

Tapi jangan khawatir, kamu bisa menghadapi rekan kerja yang sulit diajak kerja sama dengan langkah-langkah ini. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai 5 langkah jitu untuk hadapi rekan kerja yang sulit untuk diajak kerja sama, yuk simak ulasannya berikut ini!

1. Tetap bersikap tenang

Menghadapi rekan kerja yang sulit diajak kerja sama memanglah tidak menyenangkan, apalagi saat harus menyelesaikan suatu pekerjaan secara bersama. Langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan tetap bersikap tenang. Ketika kamu menghadapinya dengan cara emosi dan marah-marah, hanyalah membuat situasi kerja semakin kacau.

Selain itu, wibawa kamu di hadapan atasan maupun rekan kerja lainnya akan menurun. Cobalah untuk menunjukkan kebijaksanaan dan ketenangan, sehingga apa yang ingin kamu sampaikan akan didengar dan mendapat simpati.

Baca Juga : 6 Hal yang Harus Kamu Tahu Sebelum Berlangganan Bimbel Online

2. Hindari untuk menjelek-jelekan rekan kerja

Menjelek-jelekan rekan kerja yang sulit untuk diajak kerja sama hanyalah menjadi bumerang bagi dirimu. Karena rekan kerja yang lain akan memandang bahwa dirimu tidak profesional jika reaksimu saat menjelek-jelekkan rekan kerja tersebar di kantor. Memang keinginan untuk melampiaskan perasaan kesal pada teman yang lain sangatlah besar.

Tetapi, cobalah untuk membicarakan rekan kerja di luar kantor dan ada baiknya untuk membicarakan hal tersebut dengan orang terpercaya, agar mendapatkan masukan yang berharga dan bukan untuk membicarakan hal-hal buruk di belakang rekan kerja yang sedang berkonflik.

3. Selesaikan masalah secara empat mata

Jangan pernah membiarkan masalah terus membara, cobalah untuk menjadwalkan pertemuan tatap muka dengan rekan kerjamu. Walau banyak godaan untuk menyelesaikan berbagai hal memalui e-mail, tapi menyelesaikan permasalahan dengan cara itu tidaklah efisien dan berpotensi memperburuk situasi yang ada.

Kesalahan dalam memahami pikiran yang tidak disertai dengan nada suara atau ekspresi wajah bisa memicu masalah yang jauh lebih parah. Oleh karena itu, yuk bicara langsung empat mata!

Baca Juga : 6 Kesalahan Umum Saat Belajar, Akhirnya Cuma Bikin Capek Doang!

4. Buka pikiran dan dengarkan alasannya

Mulailah untuk membicarakan permasalahan dengan rekan kerja yang berkonflik dengan pikiran terbuka, siapa tahu kamu akan menemukan suatu kesamaan dengan rekan kerja dan secara signifikan bisa meredakan konflik.

Dengarkan apa yang dia rasakan dan juga sebaliknya, ketika giliran rekan kerja untuk berbicara mengenai alasan dirinya mengapa sulit untuk bekerja sama, cobalah untuk dengarkan dia dan jangan menginterupsi.

5. Tahu kapan harus mengabaikannya

Telah mencoba berbagi cara namun rekan kerja masih sulit untuk bekerja sama dan bahkan seakan memancing konflik denganmu. Kesabaran bisa saja habis, oleh karena itu langkah terakhir yang bisa dilakukan adalah mengabaikannya.

Batasi komunikasi dengannya, kecuali dibutuhkan dalam pekerjaan. Tetap jaga nada bicara dan tetaplah hargai dia secara profesional hanya untuk urusan pekerjaan.

Nah, itu tadi ulasan mengenai 5 langkah jitu yang dapat kamu lakukan untuk menghadapi rekan kerja yang sulit diajak bekerja sama. Memang sangat menyebalkan menghadapi rekan kerja yang sulit untuk diajak kerja sama, intinya tetap sabar dan hadapi segalanya dengan tenang.

Sumber : Idntimes.com

Komentar