Hai Sobat Info Beasiswa! Pada dasarnya, kemampuan setiap orang berbeda-beda. Akan tetapi, untuk meraih sebuah kesuksesan, ada beberapa kemampuan yang wajib diasah dan dimiliki oleh semua orang. Salah satu kemampuan tersebut adalah 21st century skills.

Lalu, apa itu 21st century skills? Yuk, kita mengenal 21st century skills yang bisa memandumu untuk meraih kesuksesan!

1. 21st century skills merupakan serangkaian soft skills yang harus dimiliki anak muda

21st century skills atau kemampuan abad 21 merupakan serangkaian soft skills yang hadir untuk menjawab tantangan yang ada di abad tersebut. Pasalnya, kumpulan kemampuan yang ada di abad 21 akan menyesuaikan dengan tantangan zaman yang ada.

Misalnya, kemajuan teknologi, digitalisasi, dan ekonomi kreatif. Oleh karena itu, 21st century skills sangat penting untuk dimiliki anak muda agar bisa sukses di masa depan.

Baca Juga :  Kamu Pengen Cepat Lulus Kuliah? Coba 5 Hal Ini Sekarang!

2. Tidak ada rumusan baku mengenai penjabaran kemampuannya

Dengan tujuan untuk menjawab tantangan dari perkembangan zaman, maka wajar saja jika 21st century skills tidak memiliki rumusan baru mengenai penjabaran kemampuannya.

Bahkan, berbagai institusi dan organisasi tertentu bisa memiliki istilah dan daftar kemampuan yang beragam. Misalnya, critical thinking, kepemimpinan, kreativitas, dan sebagainya.

3. Kemampuan dalam abad 21 dapat dibagi menjadi tiga kategori

Dilansir dari aeseducation.com, 21st century skills dapat dibagi menjadi tiga kategori, yakni learning skillsliteracy skills, dan life skills. Selain itu, masing-masing kategori tersebut terdiri dari beberapa kemampuan, di antaranya:

  1. Learning skills, terdiri dari critical thinkingcreativitycollaboration, dan communication atau biasa disingkat The Four C’s.
  2. Kemampuan dalam literacy skills biasa disingkat dengan IMT, yakni information literacy, media literacy, dan technology literacy.
  3. Kategori life skills memiliki lima kemampuan yang terdiri dari flexibilityleadershipinitiativeproductivity, dan social skills, atau yang disingkat FLIPS.

Baca Juga :  5 Cara Mudah Temukan Ide untuk Menulis di Saat Pikiran Sedang Buntu

4. 21st century skill hadir sebagai kemampuan yang membedakan manusia dengan teknologi

Pernah dengar keterampilan manusia untuk bekerja, semakin lama akan digantikan oleh komputer? Nah, hal tersebut yang mendasari terbentuknya 21st century skills.

Keterampilan yang dimiliki anak muda saat ini, tidak mengikuti standar zaman dahulu dan menjadi pembeda antara manusia dan robot. Sebab, ada beberapa kemampuan yang dimiliki manusia, namun tidak dimiliki oleh komputer bukan?

5. Untuk memiliki 21st century skills, kamu bisa berlatih secara otodidak

Meski 21st century skills menjadi kumpulan kemampuan yang wajib dimiliki oleh anak muda, akan tetapi justru banyak sekolah atau institusi pendidikan yang tidak menyediakan pelatihan kemampuan yang ada di kategori tersebut.

Untuk itu, jika kamu ingin memiliki salah satu dari kemampuan tersebut, cobalah untuk rajin-rajin berlatih secara otodidak! Kamu bisa mulai dengan membuat blog, ikut komunitas, mempelajari dari YouTube, dan sebagainya.

Setelah membaca informasi di atas, kamu sudah mengetahui tentang 21st century skills dan betapa pentingnya kemampuan tersebut, bukan? Jadi, jangan sampai ketinggalan zaman dan cobalah kuasai salah satu kemampuan tersebut ya!

Sumber : Idntimes.com

Komentar