Hai Sobat Info Beasiswa! Selain belajar dan menghadapi skripsi, ada hal lain yang harus kamu lakukan saat berada di bangku perkuliahan, yakni magang. Kegiatan ini bertujuan untuk menuangkan pengetahuan dan kemampuan yang sudah dipelajari dalam dunia kerja. Namun, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan dalam menentukan tempat magang. Apa saja itu? Simak ulasannya berikut ini.

1. Usahakan perusahaan yang kamu pilih memiliki kredibilitas

Sangat penting untuk memastikan jika perusahaan yang ingin kamu jadikan sebagai tempat magang memiliki kredibilitas yang baik. Sebab, dengan hal tersebut kamu bisa mendapatkan kepercayaan lebih besar dari orang lain terhadap kemampuan yang kamu dapatkan di sana. Singkatnya, tidak akan ada yang meragukan kemampuanmu jika perusahaan tempat magang yang kamu pilih memiliki pandangan yang baik di masyarakat.

Baca Juga : Jangan Lengah, Waspadai 5 Hal Ini Saat Mengikuti Wawancara Kerja!

2. Jangan lupa tanyakan durasi magang

Setiap perusahaan memiliki durasi magang yang berbeda-beda. Ada yang 3 bulan, 6 bulan, bahkan 12 bulan. Untuk itu, agar kuliah dan magang dapat berjalan dengan baik jangan lupa tanyakan durasi magang ya!

3. Cari tahu mengenai potensi relasi yang bisa kamu raih di sana

Ketika kamu mulai magang usahakan segera mencari tahu apakah nantinya ada peluang bagimu bekerja di sana atau tidak. Ini penting agar setelah lulus nanti kamu bisa langsung mendapatkan pekerjaan. Setidaknya, carilah orang-orang yang bisa memberikan informasi mengenai lowongan pekerjaan setelah kamu lulus nanti.

Baca Juga : 5 Alasan Kuat Mengapa Kamu Harus Rajin Baca Buku Filsafat

4. Jangan sampai lokasi magang terlalu jauh dari tempat tinggalmu

Memperhatikan lokasi magang juga terbilang penting. Sebab, jangan sampai hal tersebut membuatmu kesulitan saat ada hal penting yang harus dilakukan di rumah atau kampus. 

5. Ketahui apakah magangmu dibayar atau tidak

Meski sedikit idealis, akan tetapi mencari tempat magang yang memberikan upah bisa berarti baik lho. Pasalnya, kamu juga harus memperhitungkan pengeluaran selama magang. Akan tetapi, jika kamu tipe orang yang menganggap bahwa pengalaman lebih berarti daripada hal apa pun, maka itu artinya kamu tidak harus memikirkan tentang gaji.

Nah, sudah tahu kan apa yang harus kamu pertimbangkan dalam memilih tempat magang. Jadi, jangan sampai salah pilih ya!

Sumber : Idntimes.com

Komentar