Hai Sobat Info Beasiswa! Setiap orang berusaha untuk meraih apa yang dicita-citakannya. Namun, tidak jarang apa yang sudah kita upayakan tidak menemui hasil yang kita inginkan. Hal tersebut membuat kita kecewa dan ‘banting setir’ untuk beralih melakukan hal yang lain. 

Sebelum kamu memutuskan untuk mencoba hal lain, ada baiknya untuk melakukan evaluasi atas usaha yang telah kamu lakukan. Jangan-jangan ada kesalahan yang kamu lakukan sehingga menghambat untuk mencapainya. Berikut ini 6 penyebab usaha yang kamu keluarkan tidak sebanding dengan hasilnya.

1. Kurang memperhatikan detail

Apakah kamu sudah memperhatikan bagaimana proses yang kamu jalani selama ini? Setiap pekerjaan yang maksimal akan selalu memperhatikan detail. Detail sangat penting karena menunjukkan bagaimana seseorang mengelola fokusnya. Jangan hanya fokus dari kuantitas yang kamu ciptakan, namun juga kualitas.

Melatih kemampuan melihat secara detail ini sangat penting. Kamu perlu memiliki peta perencanaan secara spesifik dan mengetahui hal-hal yang bisa mengancam jalannya usahamu. Selain itu jangan terlalu sering mengerjakan banyak hal dalam waktu yang sama, karena dapat memecah fokusmu.

2. Terlalu berorientasi pada hasil

Terlalu fokus pada hasil ternyata bisa mempengaruhi hasil usahamu. Mungkin sesekali kamu perlu meluruskan tujuan atas usaha-usahamu, namun jangan terlalu sering untuk berorientasi pada hasil. Jadikan hasil sebagai bentuk apresiasi terhadap usahamu selama ini. Yang terpenting kamu harus fokus pada usaha yang dilakukan, setelahnya baru hasil.

Baca Juga : 5 Jenis Beasiswa Berdasarkan Sumber Pembiayaannya, LPDP Salah Satunya!

3. Kamu berusaha keras namun tidak menikmatinya

Cukup fokus pada usaha saja ternyata belum cukup. Jika hasilmu tidak sebanding dengan usaha yang dilakukan selama ini, coba lihat kembali apakah kamu menikmati selama melakukan proses tersebut. Seberapa bahagia kamu melakukannya ternyata akan berpengaruh terhadap hasil yang kamu dapat. Jangan pernah membatasi kebahagiaanmu, kamu harus menikmati baik buruk seluruh proses yang kamu jalani.

4. Terlalu tergesa-gesa dalam melakukan

Sukses tidak datang tepat pada waktunya, namun datang pada waktu yang tepat. Sudah pernah mendengar kalimat ini? Jangan pernah tergesa-gesa untuk memutuskan, karena setiap orang memiliki waktunya sendiri, termasuk ketika orang lain telah meraih suksesnya. Kita sering merasa sedih ketika usaha yang kita keluarkan tidak semudah ketika orang lain meraih sesuatu.

Dalam hal apa pun kita sering membandingkan dengan orang lain, namun jangan cemas. Jika sekarang hasilmu belum maksimal mungkin jatahmu belum sekarang. Tetap berusaha dan mencari peluang baru.

Baca Juga :  6 Hal yang Harus Kamu Tahu Sebelum Berlangganan Bimbel Online

5. Sudah berpikiran negatif dahulu

Terpikirkan hal negatif ketika melakukan sesuatu merupakan hal yang wajar. Akan ada banyak asumsi negatif dan positif yang terlintas dalam pikiran kita. Namun jangan pernah menganggap serius pikiran negatif tersebut. Pikiran negatif yang terus terlintas dapat menggagalkan rencanamu selama ini.

Pikiran negatif akan merusak mental dan pola pikirmu. Mengatasi pikiran negatif bukan dengan memikirkannya terus menerus, cukup dengan mengantisipasi tindakan yang perlu dilakukan. Kamu harus optimistis terhadap usaha yang telah kamu keluarkan. Hindari berpikir negatif dan mencemaskannya terus menerus.

6. Kurang kreatif dan inovatif

Di sini pentingnya untuk melakukan sesuatu yang berbeda daripada orang biasanya. Jika yang kamu lakukan hanya sama seperti yang orang lain lakukan, hasil yang kamu terima akan biasa-biasa saja. Kamu harus tahu bagaimana melakukan sesuatu yang berbeda, karena itu pentingnya inovasi dan memiliki pola pikir kreatif.

Buat sesuatu yang berbeda dari orang lain. Kamu bisa melatih kemampuan kreatifmu dengan banyak observasi, mencari sumber permasalahan dan sumber keuntungan, belajar dari kegagalan, membentuk tim dan rehat sejenak. Berusaha sekeras mungkin tanpa kreativitas bisa membuatmu sia-sia saja.

Banyak sekali faktor yang tidak kita duga bisa menghambat tujuan kita. Karena itu sangat penting untuk mengevaluasi apa saja yang telah kita lakukan agar hasil yang kita raih membuat kita puas atas usaha selama ini. Terutama jangan pernah iri dengan capaian orang lain.

Sumber : Idntimes.com

Komentar