Hai Sobat Info Beasiswa! Setiap orang selalu mengejar kebahagiaan dalam hidupnya. Kebahagiaan sering dikaitkan pada pencapaian tertentu, seperti barang atau situasi tertentu. Jika definisi kebahagiaan disamakan pada tujutan tersebut, maka tidak setiap hari kita bisa merasakan kebahagiaan.

Padahal letak kebahagiaan adalah pada pengendalian emosi atau perasaan. Banyak hal sederhana yang sebenarnya bisa membuat kita bahagia, seperti bangun lebih awal, bisa disiplin datang tepat waktu, atau berkumpul bersama sahabat.

Kebahagiaan ada di banyak aktivitas sehari-hari. Namun sayangnya tidak semua orang bisa menyadarinya. Karena justru dengan kebahagiaan kita bisa mengubah hidup lebih baik. Berikut ini 5 alasan kenapa kamu harus bahagia terlebih dahulu agar hidupmu bisa berubah.

1. Bahagia membuatmu bisa berpikir tenang dan lebih optimis

Kita semua sepakat bahwa masalah lebih mudah kita hadapi ketika bahagia. Namun, sayangnya sebagian tidak pernah menikmatinya dan justru tenggelam dalam pikiran negatif. Padahal bahagia membuat kita bisa berpikir lebih optimis dan tenang menghadapi situasi yang tidak menentu.

Jika kamu bisa bahagia di masa yang sulit, berarti kamu sudah satu langkah meraih impianmu. Hal tersebut menunjukkan bahwa kamu telah menghargai dirimu sendiri.

Baca Juga : Sarat Akan Manfaat, Ini 5 Alasan Mahasiswa Wajib Ikut PKM!

2. Jika kamu bahagia, orang lain akan turut bahagia

Kebahagiaan itu bisa menular. Kebahagiaanmu akan membuat orang lain memiliki perasaan yang sama. Sama halnya ketika kamu merasa cemas akan membuat orang lain turut cemas. Pentingnya merasa bahagia terlebih dahulu adalah membuat lingkunganmu mendukung seluruh usahamu.

Selain itu seseorang yang terus merasa bahagia akan dicari-cari orang lain. Sikapnya yang membawa kebahagiaan akan ditunggu-tunggu orang lain. Tanpa kamu sadari kebahagiaan yang kamu rasakan dapat membuat orang lain bahagia sekaligus membuat hidupmu berubah. Seluruh keputusan ada dalam dirimu, mulailah bahagia sekarang.

3. Bahagia membawa pengaruh pada kesehatan fisik dan mental

Kesehatan fisik dan mental merupakan aset yang harus kamu jaga. Jangan sampai usahamu selama ini hancur karena kamu tidak mampu mengatasi tekanan mental dan fisik. Efek bahagia sangat besar bagi kesehatan.

Penelitian menunjukkan bahwa orang yang bahagia memiliki jantung yang lebih sehat dan bisa menurunkan kadar hormon stresmu. Jangan lupa untuk selalu bahagia.

Baca Juga :  5 Alasan Kerja Tak Harus Sesuai Jurusan Kuliah, Tetap Bisa Sukses Kok!

4. Bahagia membuatmu melupakan pikiran negatif

Bahagia adalah salah satu cara untuk membuat pikiran negatifmu hilang. Seringkali, kegagalan, kecemasan, ketakutan adalah pikiran negatif yang membuat kita tidak produktif. Jangan sampai pikiran negatif tersebut mengalahkan pikiran positif. Karena salah satu penyebab dirimu tidak bisa meraih impianmu adalah terlalu sering berpikir negatif.

Memilih untuk bahagia adalah solusi yang tepat, sehingga pikiran negatif tidak akan menjatuhkanmu. Semua berawal dari pikiran, jangan pernah menuruti pikiran negatifmu.

5. Bahagia bukanlah tujuan, namun cara menjalani hidup

Kesimpulannya adalah jangan menjadikan bahagia sebagai tujuan. Bahagia merupakan cara menjalani hidup itu sendiri. Kamu akan merasakan perbedaan ketika melakukan sesuatu saat bahagia dan tidak. Jadikan kebahagiaan yang mengiringi kesuksesanmu.

Dengan menjadikan bahagia sebagai cara menjalani hidup, kamu akan lebih produktif dan memiliki hubungan yang lebih baik. Perubahan dimulai ketika kamu sudah bisa bahagia dan menerima seluruh kekuranganmu dengan ini kamu bisa menikmati apapun hasilnya tanpa mencemaskannya.

Bahagia adalah syarat ketika kita ingin meraih sesuatu. Dengan bahagia kita akan lebih optimis dan mudah menjalaninya. Nikmatilah aktivitasmu dan jangan lupa bahagia. Namun jangan pura-pura bahagia, ya guys!

Sumber : Idntimes.com

Komentar