Hai Sobat Info Beasiswa! Banyak orang mengeluhkan bahwa mereka sangat kesulitan untuk menyelesaikan pekerjaan dengan baik dan akhirnya kehilangan kesempatan untuk mendapatkan target-target yang ingin mereka capai.

Bukan hanya hal-hal besar seperti masalah karier maupun pendidikan, bahkan untuk keseharian seperti pekerjaan rumah pun tak jarang ada yang terbengkalai. Untuk membantu mencapai berbagai goal yang kamu inginkan, yuk coba terapkan 6 hal sederhana berikut!

1. Buat to-do-list

Membuat to-do-list atau daftar hal yang akan dikerjakan dalam kurun waktu tertentu adalah kiat pertama yang bisa kamu coba. Dengan membuat to-do-list, kamu nggak akan terlewat akan tugas apa saja yang harus kamu selesaikan karena semua telah tercatat rapi sebelumnya. Tandai pekerjaan yang telah beres dan kamu akan merasakan kepuasan tersendiri ketika to-do-list yang kamu punya telah berhasil terlampaui.

2. Tentukan skala prioritas

Saat membuat to-do-list akan lebih baik jika kamu menyusunnya berdasarkan skala prioritas, mulai dari pekerjaan yang harus segera dilakukan sampai yang dapat disesuaikan lebih panjang waktunya. Ini akan memudahkanmu untuk tetap konsentrasi mengerjakan daftar targetmu hingga akhir karena hal-hal urgent telah terselesaikan di awal.

Baca Juga : 5 Hal Ini Penting Banget Kamu Perhatikan Saat Memilih Tempat Magang

3. Jangan menunda pekerjaan

Poin ketiga sudah pasti menjadi rahasia umum. Namun demikian, tanpa niat dan konsistensi, hal ini akan terasa sangat berat untuk dilakukan. Buatmu yang masih suka menunda pekerjaan, mulai saat ini canangkan dalam dirimu bahwa kamu akan menjadi seseorang yang baru, yang lebih positif dengan tidak lagi menjadi penunda. Sugesti diri dengan kata-kata positif yang bahwa banyak hal baik yang akan kamu temui dengan tidak menunda waktu.

4. Manfaatkan kesempatan sekecil apa pun yang kamu punya

Kesempatan baik tidak selalu datang dua kali. Sebagian besar dari kita pasti pernah mendengar ungkapan ini. Terdengar klise namun memang benar adanya. Jika ingin target-targetmu -bahkan yang paling sederhana- tercapai, manfaatkan sebaik mungkin kesempatan yang kamu temui sekecil apapun itu. Masih berhubungan dengan poin ketiga, sebaiknya kerjakan yang bisa kamu lakukan saat ini juga. Sebab kamu tidak akan tahu ada halangan apa saja di depan yang pasti akan membuatmu keteteran dalam menyelesaikan pekerjaanmu.

Baca Juga : 5 Hal yang Perlu Mahasiswa Tahu Tentang Seminar Motivasi

5. Hindari hal-hal yang bisa membuat fokusmu terdistraksi

Tak kalah penting, menghindarkan diri atau setidaknya meminimalisir dari segala yang bisa membuatmu pecah konsentrasi bisa menjadi kunci sukses menyelesaikan segala targetmu. Contoh sederhana yang paling sering kita temui tentu saja smartphone. Sebisa mungkin tegaslah pada dirimu untuk tidak memegang HP selama menyelesaikan pekerjaan. Selain akan lebih cepat selesai, hasil kerjamu tentu akan lebih maksimal karena kamu fokus dalam handle tugas.

6. Beri reward diri sendiri akan keberhasilanmu

Setelah berhasil menyelesaikan berbagai target, tidak ada salahnya sesekali memberi “hadiah” pada diri sendiri. Tidak harus selalu, namun mengapresiasi pencapaian diri secara tak sadar bisa membangkitkan semangatmu saat harus menghadapi tugas-tugas lain di waktu mendatang.

Kamu bisa menghadiahi dirimu dengan hal-hal sederhana seperti menonton film, makan makanan favoritmu, atau ngopi di kafe yang kamu inginkan. Kuncinya, jangan terlalu sering menghabiskan waktu untuk “bersenang-senang” sehingga reward kecil seperti di atas akan terasa istimewa saat kamu mendapatkannya karena kerja kerasmu menyelesaikan tanggung jawab.

Tidak terlalu sulit kan sebenarnya untuk bisa mencapai target-target dalam hidupmu? Di mana ada kemauan pasti ada jalan.

Sumber : Idntimes.com

Komentar