Hai Sobat Info Beasiswa! Program pertukaran pelajar merupakan kesempatan yang terbuka untuk merasakan sekolah sekaligus hidup di negara lain. Selain itu, kamu juga harus menjalankan misi untuk membawa budaya Indonesia dan memperkenalkannya pada dunia.

Jika kamu tertarik mengikuti program ini, sebaiknya persiapkan diri dengan sebaik mungkin. Sebab, ketika terpilih nanti, 5 hal yang akan terjadi saat kamu melakukan program pertukaran pelajar ini bisa saja dialami.

1. Mengalami culture shock

Ketika baru pertama kali tinggal di luar negeri, tentu kamu tidak akan langsung paham dengan adat, budaya, kebiasaan, serta bahasa orang-orang setempat. Dengan perbedaan tersebut, biasanya kamu pasti akan merasakan culture shock pada awalnya.

Untuk itu, cobalah pelajari cara berkomunikasi dan kebiasaan orang-orang di negara yang ingin kamu tuju terlebih dahulu!

Baca Juga : 5 Pusat Informasi Beasiswa yang Jarang Dilirik Orang, Yuk Kita Cari!

2. Merasakan homesick

Dengan sekolah dan hidup di negara lain, itu artinya kamu harus siap berada jauh dari rumah dan keluarga. Sebab, jika belum siap, kemungkinan besar kamu akan mengalami homesick alias rindu kampung halaman.

3. Menjadi lebih mandiri

Selain homesick, saat berada jauh dari rumah, kamu juga dituntut untuk jadi orang yang mandiri. Ini karena program pertukaran pelajar mewajibkan pelajarnya tinggal seorang diri.

Meski ada juga yang tinggal bersama host family, bukan berarti kamu bisa bermanja-manja bukan? Jadi, apakah kamu siap untuk hidup mandiri?

Baca Juga : 5 Langkah Jitu Hadapi Rekan Kerja yang Susah Diajak Kerja Sama

4. Dapat melihat Indonesia dari sudut pandang yang berbeda

Salah satu manfaat mengikuti program pertukaran pelajar adalah mengetahui adat dan budaya, serta mendapatkan pengetahuan baru mengenai negara-negara lain yang ada.

Dengan pengalaman dan pengetahuan itu, bisa jadi kamu punya pandangan baru pada Indonesia.

Jika selama ini kamu terlalu fokus terhadap permasalahan yang ada, mungkin setelah mengikuti program ini, kamu bisa melihat dari sisi yang berbeda. Misalnya, peduli pada kekayaan budaya serta kebiasaan yang hanya dimiliki orang Indonesia.

5. Menjadi duta untuk memperkenalkan Indonesia kepada negara-negara lain

Untuk mengikuti program pertukaran pelajar, memang bisa dilakukan secara gratis dengan bantuan biaya dari pihak sponsor. Akan tetapi, jika terpilih, kamu tetap memiliki tugas untuk mempresentasikan Indonesia pada dunia.

Oleh karena itu, selama belajar di negara tersebut, biasanya kamu diwajibkan untuk memperkenalkan budaya Indonesia kepada penduduk lokal. Termasuk juga, pada pelajar yang ada di sekolahmu.

Selain itu, ketika pulang ke Indonesia, kamu juga diharapkan bisa menyebarkan dampak positif mengenai hal-hal yang sudah kamu pelajari di negara asing tersebut.

Itulah hal-hal yang akan terjadi saat kamu melakukan program pertukaran pelajar. Tertarik mengikutinya?

Sumber : Idntimes.com

Komentar